Dinas Perikanan Belitung Belum Ada Rencana Ekspor Ikan Kerapu Akhir 2022, Ini Kendalanya

Dinas Perikanan Belitung Belum Ada Rencana Ekspor Ikan Kerapu Akhir 2022, Ini Kendalanya

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Belitung Firdaus Zamri--

BELITONGEKSPRES.CO.ID, TANJUNGPANDAN - Dinas Perikanan Kabupaten Belitung belum ada rencana ekspor ikan kerapu ke luar negeri jelang akhir tahun 2022 ini.

Padahal, biasanya ikan kerapu sering dikonsumsi untuk acara hari besar, seperti natal dan tahun baru di negara tujuan ekspor. Sepanjang tahun 2022, sudah ada 3 kali ekspor ikan kerapu ke negara Hongkong dari Belitung. 

"Saat ini jelang akhir tahun belum ada rencana ekspor, padahal permintaan itu ada," kata Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Belitung Firdaus Zamri kepada Belitong Ekspres kemarin. 

Menurut Firdaus Zamri, berdasarkan informasi yang didapatkan saat ini terkendala kapal yang mengangkut ikan tidak bisa berangkat dari Hongkong, sebab masih adanya pandemi Covid-19.

BACA JUGA:Kabar Baik, Dinas Perikanan Beltim Bakal Bantu Nelayan 

"Permintaan itu ada, tapi kapal yang tujuan ke Belitung sudah siap, tapi ABK belum bisa datang karena ABK itu asal China, sedangkan kapalnya dari Hongkong, mungkin disana masih ada pengetatan," jelasnya. 

Firdaus menerangkan, ketersediaan ikan kerapu di Belitung sudah siap ekspor. Bahkan yang ada di Keramba Jaring Apung (KJA) sekitar 200 ton.

"Jadi kita memang menunggu itu untuk ekspor, kalau persediaan ikan di sini siap," bebernya. 

Ia melanjutkan, di tahun 2022 sudah ada 33 ton ikan kerapu yang di ekspor ke negara Hongkong yakni bulan januari 6 ton, bulan juli 12 ton dan september sebanyak 15 ton. 

BACA JUGA:DPUPR Belitung: Progres Proyek Jalan Capai 90 Persen

"Paling banyak di september itu ada 15 ton. Jadi saat ini belum ada rencana ekspor lagi, kalau ada nanti kita infokan," tandasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: