Angkat Kearifan Lokal Belitong, Setda Belitung Juara 2 Mobil Hias Pawai Pembangunan 2022

Angkat Kearifan Lokal Belitong, Setda Belitung Juara 2 Mobil Hias Pawai Pembangunan 2022

Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie menyerahkan hadiah pawai pembangunan kepada Zakina, jumat (4/11)--

BELITONGEKSPRES.CO.ID, TANJUNGPANDAN - Sekretariat Daerah (Setda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung tampilkan mobil hias Kearifan lokal dan budaya Belitong.

Mobil hias itu ditampilkan dalam pawai promosi potensi dan capaian pembangunan Belitung dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022.

Hasil pawai yang digelar Sabtu (29/11) pekan lalu, dari sebanyak 33 peserta kategori mobil hias, Setda Pemkab Belitung berhasil meraih juara 2.

Hadiah berupa tropy, piaga, uang pembinaan dan bingkisan diserahkan langsung oleh wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie bertempat di ruang sidang Pemkab Belitung, Jumat (04/11).

BACA JUGA:Pemkab Belitung Serahkan Hadiah ke Pemenang Pawai Pembangunan 2022

Isyak menyerahkan hadiah itu kepada Kepala Bagian (Kabag) Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretaris Daerah (Setda) Pemkab Belitung, Zakina.

Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Belitung, Zakina mereka ikut pawai berdasarkan tema dan subtema. Yakni dengan memperhatikan kondisi banyak faktor, sehingga membuat karya yang inovatif. 

"Kemarin kita angkat tema kearifan lokal dan budaya Belitong," kata Zakina kepada Belitong Ekspres, usai menerima hadiah pawai.

Menurut Zakina, pada mobil hias itu mereka menampilkan hewan pelilean, membarongan atau tempat masyarakat berkebun lalu memasak di sana. Dan di depan mobil hias itu ada batu garuda, suasana pantai dengan konsep 3 dimensi. 

BACA JUGA:Setda Rilis Daftar Pemenang Pawai Promosi Potensi Pembangunan Belitung 2022

"Jadi kita angkat juga 3 sektor pariwisata, perikanan kelautan dan perhubungan," jelasnya. 

Sehingga kata Zakinah, ketiga sektor diangkat serta digabungkan dengan konsep sub tema kearifan lokal dan Budaya Belitong. 

"Jadi komplit, ada pelileaan besar yang menjadi Maskot Pulau Belitong," ujarnya.

Ia menambahkan, pawai tahun 2022 itu merupakan pengobat kerinduan bagi masyarakat, sebab sekitar 2 tahun tidak ada pawai semacam ini di kabupaten Belitung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: