Pemprov Babel Bersama Ikatan Alumni ITB Tanam 1.000 Pohon Kayu Putih

Pemprov Babel Bersama Ikatan Alumni ITB Tanam 1.000 Pohon Kayu Putih

Penjabat Gubernur Kepulauan Babel Ridwan Djamaluddin bersama Ketum Ikatan Alumni ITB saat melakukan penanaman pohon kayu putih di kawasan Bandara Depati Amir Pangkalpinang-- (Diskominfo Babel)

BELITONGEKPSRES.CO.ID, PANGKALPINANG - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) bersama Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) tanam 1.000 pohon kayu putih

Penanaman 1.000 pohon kayu putih tersebut dalam rangkaian dari Rapat Kerja Nasional dan Kongres Luar Biasa (KLB) Ikatan Alumni ITB di Provinsi Babel, Negeri Serumpun Sebalai.

"Saya mengapresiasi aksi ini, karena sejalan dengan program pemerintah memulihkan kondisi lingkungan pasca tambang timah," kata Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Babel Ridwan Djamaluddin di Pangkalpinang, Minggu (18/12).

Pj Gubernur Ridwan Djamaluddin mengungkapkan, penanaman  1.000 pohon kayu putih dilakukan bersamaan peresmian Taman Ganesha di Kawasan Terminal VIP Bandara Depati Amir Pangkalpinang.

BACA JUGA:Pemkot Pangkalpinang Optimis Raih Penghargaan Nirwasita Tantra 2022

Hal itu sejalan dengan program "Hijau Biru Babelku" yang telah digagasnya, dalam memulihkan lingkungan bekas penambangan bijih timah. "Program ini agar kembali hijau di darat, dan tetap biru di laut," sebut Ridwan Djamaluddin.

Saat ini, pihaknya sudah menyiapkan peta penanaman pohon dan ada 46.000 hektar lahan kritis milik pemerintah provinsi, tidak termasuk lahan kritis yang bukan milik pemerintah provinsi.

Lagan kritis tersebut dimanfaatkan sesuai dengan pemetaan lokasi. Seperti mana yang cocok untuk budidaya udang vaname, serta mana yang cocok untuk bertanam porang.

"Semua sudah diupayakan, yang mana ini akan memudahkan jika ada yang ingin ikut membantu, seperti misalnya IA-ITB mau menanam apa, atau pihak lainnya mau budidaya apa," ujar Pj Gubernur Babel.

BACA JUGA:Siapa Juaranya, Ini Prediksi Argentina Melawan Prancis di Final Piala Dunia 2022 Qatar

Sementara itu, Ketua Ikatan Alumni ITB Provinsi Babel Wiyono mengatakan, penanaman pohon juga dibuatnya Taman Ganesha. Itu erupakan salah satu bentuk jejak terbaik Ikatan Alumni ITB yang telah menginjakkan kakinya di Bumi Serumpun Sebalai.

"Kegiatan ini menjadi salah satu bentuk bahwa Ikatan Alumni ITB telah meninggalkan jejak terbaik di Provinsi Bangka Belitung," kata Wiyono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: antara babel