Lewat Program PUMK Berkelanjutan, PT Timah Dukung Kemandirian Pelaku UMKM

Lewat Program PUMK Berkelanjutan, PT Timah Dukung Kemandirian Pelaku UMKM

Salah satu pelaku UMKM yang merupakan mitra binaan PT Timah Tbk-Ist-

BELITONGEKSPRES.CO.ID, PANGKALPINANG - PT Timah Tbk mendukung pelaku UMKM untuk terus berkembang dan mandiri, lewat program Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK). 

Dukungan PT Timah Tbk dengan mengembangkan bantuan permodalan, pembinaan, pelatihan dan pemasaran bagi para pelaku UMKM mitra binaan perusahaan.

Sepanjang tahun 2022 PT Timah Tbk telah menyalurkan dana sebesar Rp 1,1 miliar untuk mendukung permodalan bagi 26 pelaku UMKM di wilayah operasional perusahaan.

Untuk mengembangkan kemampuan UMKM, Anggota Holding Pertambangan Indonesia MIND ID ini juga memberikan pelatihan kepada mitra binaan. 

BACA JUGA:Dukung Program Perikanan Payau dan Laut, PT Timah Serahkan Bantuan Genset ke SMKN 1 Selat Nasik

Berbagai pelatihan yang digelar Emiten Berkode TINS ini yakni pelatihan batik eco print yang dilaksanakan bagi mitra binaan maupun masyarakat umum.

Selain itu, melihat peluang digitalisasi yang terus berkembang, TINS juga memberikan pelatihan penyusunan laporan keuangan UKM berbasis digital kepada puluhan mitra binaan PT Timah Tbk.

Kemudian, untuk mendorong peningkatan kualitas produk mitra binaan agar bisa menembus pasar internasional, TINS juga memfasilitasi 19 produk mitra binaan untuk memiliki sertifaksi halal.

Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk, Anggi Siahaan, mengatakan, guna mendongkrak promosi dan pemasaran para pelaku UMKM, TINS aktif melibatkan para mitra binaan untuk mengikuti berbagai pameran di tingkat lokal maupun nasional. 

BACA JUGA:Komunitas Raje Teran Belitong Manfaatkan Lahan Reklamasi PT Timah untuk Ternak Madu Trigona

Adapun pameran yang diikuti mitra binaan yang difasilitasi PT Timah Tbk seperti pameran Bangka Expo, Pameran Adiwastra, Pameran INACRAFT, Bazaar Telkom, Bazar UMKM di Belitung, Pameran Instore Produk Bangka Belitung GBBI, Pameran Pujavest Yogyakarta dan lainnya.

Selain itu, PT Timah Tbk juga memiliki program Tins Corner di Swiss Bell Hotel untuk memudahkan para wisatawan mendapatkan produk mitra binaaan PT Timah Tbk. TINS juga memfasilitasi para mitra binaan yang ingin menjual produknya di Rumah BUMN Belitung.

"UMKM adalah salah satu sektor penggerak ekonomi kemasyarakatan, untuk mendukung pengembangan UMKM di wilayah Operasional perusahaan, PT Timah Tbk secara konsisten melanjutkan program PUMK agar UMKM dapat berkembang dan mandiri," katanya,  Selasa (27/12).

BACA JUGA:38 Rumah Warga Desa Cendil Diterjang Puting Beliung, PT Timah Berikan Bantuan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: