Menyikapi Viralnya Permainan Lato-Lato Bagi Siswa SD

Menyikapi Viralnya Permainan Lato-Lato Bagi Siswa SD

Ayu Diah Widowaty--

Oleh : Ayu Diah Widowaty, S.Pd, Gr. (Guru Penggerak Angkatan IV SDN 41 Tanjungpandan)

LATO-lato kini menjadi salah satu jenis permainan yang sedang viral dan banyak digemari. Tak hanya anak-anak saja, permainan lato-lato saat ini juga dimainkan oleh orang di berbagai kalangan. Baik itu anak muda, dewasa, hingga orang tua. Mereka tentunya merasa penasaran ingin mencoba keahlian dalam memainkan lato-lato ini.

Lato-lato adalah permainan tradisional yang terdiri atas dua buah bandulan berbentuk lingkaran yang digantungkan pada sebuah tali yang disambungkan pada bagian ujung tersebut.

Cara bermainnya pun juga terbilang cukup sederhana. Anda tinggal mengayunkan saja lato-lato ke atas dan ke bawah sampai kedua bandulan tersebut bisa saling membentur dan membunyikan suara. 

Permainan tradisional ini kini menjadi semakin viral di Indonesia karena adanya beberapa faktor. Salah satunya adalah karena maraknya orang yang mengunggah permainan ini melalui media sosial.

Mengenal Permainan Lato-lato 

Permainan lato-lato yang saat ini sedang viral bukanlah permainan yang baru. Permainan ini merupakan permainan tradisional yang sudah ada sejak dulu.

Bahkan, lato-lato diperkirakan muncul pada tahun sekitar 1960-an. Kemudian, pada tahun 1970-an permainan ini sudah mulai populer di Amerika Serikat.

BACA JUGA:Bahaya Bully Bagi Siswa SD dan Cara Pencegahannya

Di Amerika, permainan ini tidak dinamakan dengan lato-lato, akan tetapi lebih banyak dikenal dengan sebutan clackers. Dari bentuk dan cara permainannya tidak ada yang berbeda dengan permainan lato-lato yang ada di Amerika Serikat. Perbedaannya hanya berada di materialnya saja.

Lato-lato pada umumnya memiliki bandulan yang terbuat dari bahan kayu atau plastik. Akan tetapi lato-lato yang ada di Amerika Serikat bola-bolanya terbuat dari bahan kaca.

Saat ini, hampir setiap hari dan di mana saja banyak dijumpai orang yang sedang bermain lato-lato. Mereka ingin menunjukkan aksi terbaiknya dalam memainkan permainan lato-lato ini.

Tak heran jika lato-lato menjadi satu permainan yang semakin populer. Mengetahui banyak orang yang penasaran ingin bermain lato-lato, kini banyak juga para pedagang musiman yang menjual permainan tradisional ini.

Manfaat Bermain Lato-lato

Sumber: