Desa Mekar Jaya Manggar Calon Desa Anti Korupsi, Tim KPK RI Lakukan Observasi

Desa Mekar Jaya Manggar Calon Desa Anti Korupsi, Tim KPK RI Lakukan Observasi

Tim dari Direktorat Pembinaan Peran Serta Masyarakat KPK RI, melakukan kunjungan untuk observasi ke Desa Mekar Jaya Kecamatan Manggar, Kabupaten Beltim-Ist-

MANGGAR, BELITONGEKSPRES.CO.IDDesa Mekar Jaya, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur (Beltim) sudah diusulkan sebagai salah satu calon percontohan Desa Anti Korupsi tahun 2023.

Oleh karena itu, Tim dari Direktorat Pembinaan Peran Serta Masyarakat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, melakukan kunjungan ke Desa Mekar Jaya Kecamatan Manggar, Rabu (1/2/2023).

Analis pemberantasan tindak pidana korupsi Direktorat Pembinaan Peran Serta Masyarakat KPK RI, Rino Haruno mengatakan, kedatangan mereka untuk observasi usulan calon percontohan desa anti korupsi tersebut.

Menurut dia, program ini sudah dilakukan tahun 2021 sesuai arahan Presiden Jokowi. Desa Mekar Jaya ini merupakan desa yang direkomendasikan oleh Kementerian Desa dan PDT dan Pemerintah Provinsi Babel sebagai calon Desa Anti Korupsi.

BACA JUGA:Dorong Wujudkan Merdeka Belajar, Bupati Beltim Lantik Kepala Sekolah dan Pengawas

Kegiatan observasi tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Beltim Bayu Priyambodo, Inspektur Daerah Haryanto, Kepala Desa Mekar Jaya, serta perangkat desa.

Pada kunjungan tersebut Tim dari KPK RI juga memberikan apresiasi ke Desa Mekar Jaya sebagai obyek observasi sekaligus calon Desa Anti korupsi pada tahun ini.

“Desa Mekar Jaya ini luar biasa. Baru kali ini saya observasi desa yang ada bumdes dengan objek wisata waterboom dan berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat dan bisa menciptakan lapangan kerja,” ungkap Rino dilansir dari rilis Diskominfo Beltim.

Dion selaku Analis KPK RI menambahkan, indikator desa anti korupsi yakni penguatan tata laksana, penguatan pengawasan, pengauatan kualitas pelayanan publik, penguatan partisipasi masyarakat dan kearifan lokal.

BACA JUGA:Larangan Diacuhkan, KUB Nelayan Laporkan Tambang Ilegal di Pantai Lalang ke Polres Beltim

“Observasinya, kita melihat kesiapan desanya mulai dari 5 indikator, bagaimana desa ini memenuhi nilai standar dari indikator tersebut. Standarnya memenuhi diatas 90 persen dari indikator yang kita siapkan,” jelas Dion.

Sementara itu, Camat Manggar Herri Susanto mendukung Desa Mekar Jaya sebagai calon desa anti korupsi. Dia berharap Mekar Jaya menjadi salah satu desa perwakilan dari Provinsi Babel sebagai desa anti korupsi. 

"Sehingga nantinya bisa menjadi contoh bagi desa lain yang ada di Provinsi Bangka Belitung (Babel),” kata Camat Manggar Herri Susanto.

Usai memberikan pemaparan, tim dari KPK RI meninjau objek wisata waterboom. Kemudian berlanjut ke Kantor Desa Mekar Jaya untuk melakukan observasi dari indikator yang dinilai. Di mana sebelumnya sudah audensi dengan Bupati Beltim Burhanudin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: diskominfo beltim