Pimpinan Baznas Belitung Serahkan Laporan ZIS 2022 ke Bupati

Pimpinan Baznas Belitung Serahkan Laporan ZIS 2022 ke Bupati

Baznas Kabupaten Belitung menyerahkan laporan penghimpunan dan penyaluran ZIS Tahun 2022 kepada Bupati Belitung Sahani Saleh--

TANJUNGPANDAN, BELITONGEKSPRES.CO.ID -  Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Belitung menyerahkan laporan penghimpunan dan penyaluran Zakat Infak Sedekah (ZIS) Tahun 2022 kepada Bupati Sahani Saleh.

Laporan kinerja itu diserahkan oleh Ketua Baznas Belitung Firmansyah, didampingi Wakil Ketua II Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas, Noval Syaihendra, Wakil Ketua 4 bidang SDM dan Umum Indra, Rabu (8/2/2023).

Ketua Baznas Belitung Firmansyah mengatakan, bahwa target pengumpulan ZIS melampaui target dari Rp 2,550.000.000 menjadi Rp 2,569.000.000, dan jika dipersentasikan melebihi 100% dari rencana.

"Kita juga melapokan jumlah penyaluran atau bantuan kepada para mustaqik dari rencana Rp 2.930.000.000 hanya tercapai atau terrealisasikan sebesar 2.505.000.000. Atau jika dipersentasikan sebesar 85.5 persen dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 5.417 jiwa," kata Firmansyah kepada Belitong Ekspres.

BACA JUGA:Baznas Belitung Bantu Pelunasan Hutang Asnaf Rp 60 Juta

BACA JUGA:Baznas Belitung Targetkan ZIS Hampir Rp 4 Miliar di Tahun 2023

Menurut Firmansyah, dengan diberikan target melebihi dari jumlah pengumpulan ZIS Tahun 2022, mereka memberikan saran kepada Bupati Belitung selaku pimpinan tertinggi di daerah.

Yakni, bisa mengeluarkan surat himbauan kepada ASN yang berada di wilayah Pemkab Belitung, jika penghasilan sudah mencapai nishob segera membayarkan zakatnya ke kantor Baznas.

"Dikarenakan saat ini dari jumlah 300 ribuan lebih asn di Kabupaten Belitung baru sekitar 20 hingga 25 persen yang menyetorkan kewajiban yaitu zakat penghasilan," bebernya.

Sementara itu, Bupati Belitung, Sahani Saleh menyambut baik usulan dari tim Baznas tersebut dan akan beliau segera mendiskusikan itu.

BACA JUGA:Pemilik Warkop di Tanjungpandan Ditangkap Polisi, Miliki Ganja Hampir Setengah Kg

BACA JUGA:Kabag Prokopim Setda Belitung Zakina: Selamat HPN 2023

"Akan mendiskusikan usulan tersebut dengan para staf ahli untuk teknisnya seperti apa jika nanti dikeluarkan surat himbaun," kata Bupati Belitung.

Namun kata bupati, pada prinsipnya mendukung dan mensupport apapun kebijakan dan kegiatan yang dilakukan oleh Baznas Belitung, karena Baznas merupakan badan yang menagani masalah keagaman dan sosial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: