Surau dan Masjid di Belitung Mulai Dipenuhi Jamaah Itikaf

Surau dan Masjid di Belitung Mulai Dipenuhi Jamaah Itikaf

Jamaah iktikaf di Surau Al Ikhsan yang melakukan kajian Islam, (12/4/2023)--

TANJUNGPANDAN, BELITONGEKSPRES.CO.ID - Memasuki 10 hari terakhir Bulan Ramadan 1444 Hijriah, hampir seluruh masjid dan surau di Belitung mulai dipenuhi jamaah untuk melakukan itikaf.

Salah satunya jamaah yang melakukan itikaf di Surau Al Ikhsan di Jalan Gegedek Tanjungpandan. 

Di Surau bernuansa bangunan khas Timur Tengah ini, hampir 24 jam tak pernah sepi. Jamaah berbagai kecamatan datang ke lokasi Surau Al Ikhsan.

"Mulai kemarin (Selasa,red) jamaah dari berbagai wilayah di Belitung datang ke sini," kata Ketua Surau Al Ikhsan Ir H Mustari kepada Belitong Ekspres, Rabu (12/4/2023).

Dia menjelaskan, jamaah yang datang mereka melakukan itikaf di surau tersebut mulai siang hingga subuh. Berbagai kegiatan dilakukan oleh para jamaah. 

BACA JUGA:Soal Wacana RKUD Pemprov dari BRI Balik Lagi ke Bank Sumsel Babel, Ini Saran Beliadi

BACA JUGA:2022, 163 PNS Belitung Pensiun, Tahun Ini Ada Kuota 534 Guru dan 254 Nakes

Seperti mengaji Al Quran, ceramah agama tentang sejarah Islam khususnya di Bulan Ramadan. Selain itu juga ada acara buka puasa dan sahur bersama.

Sedangkan untuk tengah malamnya ada Salat Tarawih berjamaah hingga Salat Sunah lainnya. Seperti Salat Tasbih dan Tahajud.

"Kegiatan seperti ini rutin dilakukan pada saat memasuki sepuluh hari menjelang Idul Fitri. Atau malam ke 20 Bulan Ramadan," pungkasnya.

Sementara itu, Kiki salah satu Jamaah Surau Al Ikhsan mengatakan, hampir setiap tahun waktu Bulan Ramadan, dia tidak menyia-nyiakan waktu untuk itikaf di surau tersebut.

"Kita mendekatkan diri kepada Allah. Hampir setiap tahun kita itikaf disini. Rumah kami juga tidak jauh dari Surau ini," kata Kiki kepada Belitong Ekspres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: