5 Kota Unik di Indonesia Referensi Buat Traveler

5 Kota Unik di Indonesia Referensi Buat Traveler

5 Kota Unik di Indonesia--BE

Hal ini sesuai dengan peraturan Walikota Banjarmasin Nomor 18 Tahun 2016 tentang pengurangan penggunaan kantong plastik. Dampaknya, Kota Banjarmasin berhasil mengurangi 54 juta lembar kantong plastik dalam 2 tahun sejak aturan tersebut berlaku.

Selain menjadi kota pertama yang melarang penggunaan plastik sekali pakai, Banjarmasin juga dikenal sebagai kota seribu sungai karena banyaknya sungai yang lalu lintas di wilayah tersebut.


Titik Nol Indonesia di Kota Sabang--Ist (Net)

  • Sabang di Aceh 

Kota Sabang juga masuk dalam daftar salah satu kota unik di Indonesia. Hal ini dikarenakan Sabang adalah kota yang menjadi titik atau awal wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selain itu Sabang juga dijuluki sebagai Kota seribu benteng karena banyaknya benteng peninggalan Jepang yang bisa ditemukan di tempat ini. Ketika Perang Dunia Kedua dulu, Jepang sempat menjadikan Sabang sebagai Pelabuhan militer untuk menghalau musuh.

Maka dari itu Jepang membangun ribuan benteng dan bunker yang masih bisa ditemui sampai sekarang.


Tugu Katulistiwa di Pontianak--backpackerjakarta.com

  • Pontianak Kalimantan Barat 

Kota Pontianak adalah salah satu kota di dunia yang dilintasi persis garis khatulistiwa. Berdasarkan garis lintang, Kota Pontianak dilalui garis khatulistiwa karena terletak di lintang garis khatulistiwa. Maka Kota Pontianak dijuluki sebagai Kota khatulistiwa atau kota ekuator.

Demikian seputar lima kota unik di Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: