5 Kota Unik di Indonesia Referensi Buat Traveler

5 Kota Unik di Indonesia Referensi Buat Traveler

5 Kota Unik di Indonesia--BE

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Setiap kota di Indonesia tentu memiliki keunikan tersendiri. entah itu dari segi budaya, kuliner, hingga tempat wisata yang dimiliki. tapi nggak di situ saja. Tahukah kamu Ternyata deretan kota ini terkenal karena keunikannya yang jarang ditemui oleh traveller.

Mari kita simak deretan kota unik yang ada di Indonesia, sebagaimana dilansir dari kanal Youtube.com/BisaNewsID. 


Keunikan Kota Agats--centroone.com

  • Kota Agats Papua

Kota adat yang terletak di kabupaten Asmat Papua ini merupakan salah satu kota terunik di Indonesia. Bagaimana tidak ketika kamu tiba di kota ini, semua bangunan termasuk fasilitas bahkan jalanan di kota agat didirikan di atas papan. 

Unik ya meski demikian ada alasan kenapa Kota Agats dibangun di atas papan. Hal ini dikarenakan kawasannya sangat berlumpur dan membuat bangunan tidak bisa didirikan langsung di atas tanah.


Lapangan bola papan di Kota Agats--thumb.vlix.id

Hal itu juga berpengaruh dengan alat transportasi utama di kota ini, karena dibangun di atas kayu ataupun papan masyarakat Kota Agats hanya menggunakan sepatu atau motor saja. Itupun motor yang menggunakan listrik.

Seiring perkembangan zaman dan teknologi jembatan-jembatan ini kemudian mulai disempurnakan dalam bentuk beton yang lebih kuat lagi.

Hingga saat ini pengembangan ibukota kabupaten Asmat ini dilakukan di atas Pondasi yang unik ini.


Bersepeda di Gili Trawangan--Ist

  • Gili Trawangan Nusa Tenggara Barat

Sebagian orang tentunya sudah tidak asing lagi dengan Gili Trawangan yang memiliki pesona yang begitu indah. Kota yang terletak di Kabupaten Lombok Utara Nusa Tenggara Barat dikenal dengan keunikannya, yaitu tidak diperbolehkannya penggunaan kendaraan bermotor. Larangan menggunakan kendaraan bermotor yang sudah sejak dulu menjadi aturan adat berhasil menjadi di pulau tersebut bebas polusi.

Selain keunikannya tersebut, Gili Trawangan juga terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Tak heran kota ini selalu menjadi destinasi favorit wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.


Berperahu di Banjarmasin--cdn.britannica.com

  • Banjarmasin Kalimantan Selatan

Banjarmasin merupakan kota pertama di Asia Pasifik yang melarang penggunaan sampah plastik sekali pakai. kota Banjarmasin telah menerapkan kebijakan larangan penggunaan kantong plastik sejak 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: