Timnas Indonesia U-22 Vs Thailand, Akhir Penantian Medali Emas SEA Games 32 Tahun Berbuah Manis

Timnas Indonesia U-22 Vs Thailand,  Akhir Penantian Medali Emas SEA Games 32 Tahun Berbuah Manis

Pesepak bola Timnas Indonesia U-22 Ramadhan Sananta (kedua kanan) berebut bola di udara dengan pesepak bola Timnas Thailand Jonathan Khemdee (kanan) saat pertandingan Final Sepak Bola SEA Games 2023 di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa- ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/rwa-

BELITONGEKSPES.CO.ID - ​​​​​Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-22 mengakhiri penantian medali emas selama 32 tahun dengan berbuah manis setelah menumbangkan Thailand di laga Final Sea Game 2023.

Penantian panjang medali emas selama 32 tahun, berkat kemenangan skor 5-2  Timnas Indonesia U22 atas Thailand pada pertandingan final di Stadion Nasional, Phnom Penh, Kamboja Selasa (16/5/2023 malam.

Memang tidak mudah bagi Garuda Muda meraih kemenangan atas tim unggulan Thailand. Sebab, usai unggul 2-0 di babak pertama, Thailand mampu menyamakan skor 2-2 menjelang waktu normal usai.

Dengan penuh semangat, Timnas Indonesia UU-22 akhirnya mampu mengamankan medali emas berkat tiga gol tambahan pada masa tambahan waktu.

Pada awal babak pertama Indonesia terlebih dahulu mencoba mengambil inisiatif serangan. Sayangnya, Marselino Ferdinan mencoba peruntungannya dengan gagal melesatkan tembakan jarak jauh.

Thailand lantas mencoba balas menekan. Dari satu skema serangan, kiper Ernando Ari terpaksa keluar dari sarangnya dan melanggar Teerasak Poeiphamai.

BACA JUGA:Tumbangkan Thailand Skor 5-2, Indonesia Sukses Raih Medali Emas Sea Games 2023 Kamboja

Pelanggaran tersebut menghasilkan kartu kuning bagi Ernando dan tendangan bebas yang untungnya tidak membahayakan gawang Indonesia.

Komang Teguh kemudian mencoba melesatkan tembakan dari luar kotak penalti, namun masih melambung di atas gawang Thailand. Gol pemecah kebuntuan akhirnya tercipta pada menit ke-20.

Diawali lemparan ke dalam Alfeandra Dewangga, bola disambut sundulan Ramadhan yang sempat mengenai kaki pemain Thailand sebelum membobol gawang lawan.

Tertinggal satu gol tidak membuat Thailand tampil semakin tajam. Mereka justru minim melancarkan umpan-umpan terobosan, sehingga serangannya relatif mudah diantisipasi para pemain bertahan Indonesia.

Peluang coba dibuat oleh Witan Sulaeman yang melepaskan tembakan namun mudah saja ditangkap kiper Sopowin Rakryat.

Timnas Indonesia kemudian berbalik memdapat ancaman nyata dari tendangan bebas Thailand sedikit di luar kotak penalti, yang masih membentur pagar pemain tim Garuda Muda.

Menjelang turun minum, Indonesia menggandakan keunggulan. Diawali bola panjang dari belakang kiriman Rizky Ridho, bola tidak dapat dihalau oleh Jonathan Kemdee.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: