UMKM Punya Usaha Ini Bisa 4 Kali Pinjam KUR BRI Rp100 Juta Tanpa Jaminan, Cek Syarat dan Cara Pengajuan

UMKM Punya Usaha Ini Bisa 4 Kali Pinjam KUR BRI Rp100 Juta Tanpa Jaminan, Cek Syarat dan Cara Pengajuan

Syarat bagi UMKM yang mau mengajukan KUR Mikro BRI 2023 tanpa jaminan -Grafis/BE-

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Peluang UMKM untuk mendapatkan fasilitas pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bank Rakyat Indonesia (BRI) tahun 2023 ini masih terbuka lebar. 

BRI sebagai salah satu lembaga keuangan penyalur program KUR dari pemerintah memberikan kemudahan bagi seluruh pelaku UMKM di Indonesia.

Bahkan khusus jenis KUR Mikro BRI tidak memerlukan jaminan atau agunan bagi UMKM butuh pinjaman hingga Rp100 juta. Yang menjadi jaminan hanya usahanya tersebut.

KUR Mikro BRI terbagi mulai dari limit Rp1 juta hingga Rp10 juta yang disebut KUR Super Mikro. Angsuran super ringan tenor sampai 36 bulan dan bunga hanya 3 persen per tahun.

Kemudian fasilitas KUR Mikro limit dari Rp10 juta hingga Rp100 juta dengan suku bunga efektif 6 persen per tahun. Pinjaman KUR Mikro untuk modal kerja tenor 36 bulan dan buat investasi maksimal tenor 60 bulan.

Berapa kali UMKM bisa mengajukan permohonqn pinjaman KUR Mikro BRI? jawabannya adalah tergantung jenis usaha masing-masing.

Untuk fasilitas KUR Super Mikro tanpa batas maksimal, asalkan kuota masing-masing daerah  masih tersedia dan tetap masih memenuhi syarat pengajuan selanjutnya.

Sedangkan KUR Mikro BRI khusus untuk usaha pertanian/perikanan boleh mengajukan pinjaman sebanyak 4 kali dengan akumulasi maksimal Rp400 juta.

  • Simulasinya, pengajuan pertama kali dengan suku bunga 6 persen efektif per tahun.
  • Selanjutnya pengajuan kedua kali dengan suku bunga 7 persen efektif per tahun.
  • Seterusnya pengajuan ke tiga kali dengan suku bunga 8 persen efektif per tahun.
  • Terakhir, pengajuan ke empat kali dengan suku bunga 9 persen efektif per tahun.

Sementara untuk fasilitas KUR Mikro BRI bagi usaha non pertanian/perikanan seperti perdagangan dan jasa dibatasi 2 kali pengajuan pinjaman maksimal Rp200 juta.

Bagi UMKM yang mau mengajukan KUR Mikro BRI 2023 tanpa jaminan tersebut cukup dengan cara melengkapi persyaratan administrasi berupa KTP, KK dan surat izin usaha.

Selain itu, nasabah atau pelaku UMKM yang ingin mendapatkan fasilitas KUR Mikro BRI 2023 harus memenuhi kriteria syarat sesuai aturan bank berikut ini:

  • Pertama, memiliki usaha layak dan produktif yang dikerjakan secara individu (perorangan
  • Kedua, calon debitur harus aktif minimal 6 bulan dalam bidang usaha produktif yang sedangkan dijalankan.
  • Ketiga, pastikan tidak sedang melakukan kredit perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KKB, KPR dan Kartu Kredit
  • Keempat, menyiapkan syarat administratif antara lain Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan surat ijin usaha. 

Khusus surat ijin usaha cukup dari pihak desa. Kemudian bagi UMKM yang mengajukan pinjaman KUR BRI di atas Rp50 juta perlu ditambahkan syarat memiliki NPWP.

Berapa lama proses pencairan dari permohonan pengajuan KUR Mikro BRI? pihak BRI memastikan hanya membutuhkan waktu 3 hari kerja. Asalkan dinyatakan layak dan memenuhi persyaratan yang berlaku.

Demikianlah informasi seputar syarat dan cara pengajuan KUR Mikro BRI 2023. Bagi yang berminat silahkan datang ke kantor unit BRI terdekat masing-masing daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: