Cek di Sini, Daerah Penghasil Orang Pintar di Bangka Belitung

Cek di Sini, Daerah Penghasil Orang Pintar di Bangka Belitung

Pulau Lengkuas menjadi destinasi wisata andalan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung--belitungwonderful.com

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tak hanya dikenal sebagai daerah penghasil timah dan pariwisatanya yang mendunia.

Bangka Belitung juga dikenal sebagai salah satu provinsi penghasil orang pintar di Indonesia. Tak hanya di daerah sendiri orang pintar di Bangka Belitung juga dikenal di level nasional.

Selain itu, orang-orang pintar di Bangka Belitung sudah dikenal dari sejak zaman penjajahan Belanda hingga sekarang ini. Bahkan salah satunya pernah menggegerkan NKRI.

Orang-orang pintar di Bangka Belitung diantaranya ada yang menduduki jabatan penting di jajaran perusahaan BUMN, menjabat kepala daerah, duduk di senayan hingga menjadi tokoh politik nasional.

Bangka Belitung sendiri terbagi dari dua pulau, yakni Pulau Bangka dan Belitung. Provinsi dengan luas wilayah 16.691 km persegi ini terdiri dari 6 kabupaten dan 1 kota.

BACA JUGA:Keindahan Wanita Indonesia, Ini Daftar 10 Kota Penghasil Wanita Berparas Cantik

BACA JUGA:Bangka Belitung Kaya? Berikut Ini Daftar Provinsi Termiskin di Indonesia Tahun 2023

Kota Pangkalpinang, yang terletak di Pulau Bangka, merupakan ibu kota dan pusat pemerintahan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Dari 7 kabupaten/kota tersebut, terdapat 4 daerah yang diakui sebagai penghasil orang pintar di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Pengakuan orang pintar ini didasarkan pada Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang diterbitkan oleh BPS pada tahun 2022.

Berdasarkan data tersebut, IPM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada tahun 2022 mencapai 72,24. Tapi, terdapat 4 daerah yang memiliki IPM lebih tinggi dibandingkan IPM provinsi secara keseluruhan.

Salah satu daerah penghasil orang pintar di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung adalah Kabupaten Belitung, yang juga dikenal sebagai Negeri Laskar Pelangi.

BACA JUGA:Muhamad Fathir Juara Cabang Vokal Solo FLS2N Bangka Belitung 2023

BACA JUGA:6 Rekomendasi Tempat Instagramable di Bangka Belitung, Bikin Feed Makin Kece!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: