Workshop Kostum Figur Rempah Dukung Jelajah Pesona Jalur Rempah Belitung Timur

Workshop Kostum Figur Rempah Dukung Jelajah Pesona Jalur Rempah Belitung Timur

Salah satu kostum Figur Rempah untuk mensukseskan Jelajah Pesona Jalur Rempah Belitung Timur-Ist-

BELITONGEKSPRES.CO.IDJelajah Pesona Jalur Rempah Belitung Timur (JPJR) akan diadakan pada tanggal 2-6 September 2023 mendatang. Salah satu acara menarik dari acara tersebut adalah Kostum Figur Rempah.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur akan menyelenggarakan Workshop Kostum Figur Rempah selama dua hari di Gedung Auditorium Zahari MZ, Manggar, dari tanggal 5 hingga 6 Juli 2023.

Workshop Kostum Figur Rempah bertujuan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di Kabupaten Belitung Timur (Beltim) dan juga untuk mendukung kesuksesan acara JPJR Beltim.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten, Evi Nardi mengatakan, pihaknya menyelenggarakan Workshop Kostum Figur Rempah untuk mendukung Event Jelajah Pesona Jalur Rempah Belitung Timur tahun 2023.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan HARPI (Himpunan Seni dan Pemuda Indonesia), sanggar-sanggar seni, dan sekolah-sekolah dalam pembuatan kostum karnaval," ujar Evi Nardi saat membuka workshop, Rabu (5/7/2023).

BACA JUGA:Geosite Pulau Buku Limau akan Direvalidasi Sebagai UNESCO Global Geopark pada 2024, Ini Daya Tariknya

Evi menjelaskan bahwa JPJR Belitung Timur merupakan acara pariwisata nasional yang berbasis kebudayaan dan telah masuk dalam Karisma Event Nusantara yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Program Prioritas Jalur Rempah, Indonesiana, dan Residensi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Tema yang diangkat oleh JPJR Beltim tahun 2023 adalah "Jejak Peradaban Urang Laut". Tema ini dipilih karena Urang Laut, atau yang lebih dikenal sebagai Suku Sawang, merupakan Suku Laut yang berada di Beltim dan memiliki kontribusi besar dalam peradaban dan sejarah panjang jalur rempah nusantara dan dunia.

Kostum Figur Rempah ini, kata Evi, merupakan serangkaian kegiatan untuk memvisualisasikan rempah-rempah lokal Belitung Timur dan kebudayaan yang merupakan hasil akulturasi budaya dari jalur rempah nusantara dan dunia.

"Melalui workshop ini, kami harapkan para peserta dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang lebih dalam pembuatan Kostum Figur Rempah. Seperti pembuatan kostum karnaval, aksesoris, rias wajah karakter, kombinasi kostum dengan bahan-bahan atau kerajinan lokal, dan kreasi kostum," jelas Evi.

BACA JUGA:Pemkab Belitung Timur Raih Penghargaan Peningkatan Indeks MCP Terbaik se-Babel 2023

Workshop ini juga akan menghadirkan narasumber Ivan Fhanany dari Jember Fashion Carnaval (JVC), yang juga merupakan salah satu dari 10 acara terbaik dalam Karisma Event Nusantara yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: diskominfo beltim