Pj Gubernur Babel Suganda Segera Berganti, Gigih Guntoro: Syarat Aroma Politik

Pj Gubernur Babel Suganda Segera Berganti, Gigih Guntoro: Syarat Aroma Politik

Pj Gubernur Babel Suganda Segera Berganti--

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Belum satu tahun menjabat, Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Suganda Pandapotan Pasaribu dikabarkan bakal segera berganti. 

Dari undangan yang beredar, pergantian Pj Gubernur Babel akan dilakukan per tanggal 13 November 2023. Namun sayang hingga kini belum diketahui secara jelas siapa pengganti Suganda.

Pergantian Pj Gubernur Babel yang secara tiba-tiba, ternyata menjadi perhatian dari beberapa lembaga Birokrasi di Jakarta. Salah satunya dari Direktur Eksekutif Lembaga Indonesian Club, Gigih Guntoro. 

Dalam keterangan resmi yang diterima disway.id, Sabtu (11/11/2023), dia menyayangkan atas pergantian Pj Gubernur Babel Suganda lebih tercium aroma politik menjelang pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024.

Pasalnya, di mata Gigih Guntoro, Pj Gubernur Suganda juga menjabat Sekretaris Jenderal Ombudsman RI justru mendapatkan penghargaan Indonesia Award 2023 dengan Program Gule Kabung. 

“Program yang melibatkan seluruh instansi pemerintah, Forkompida, stake holder dan masyarakat untuk mengeksekusi permasalahan secara bersama-sama. Gule Kabung diberi penghargaan karena menghadirkan pelayanan publik," ujar Gigih Guntoro.

Selain itu, juga ada penghargaan lain yang diraih Suganda selama memimpin Bangka Belitung. Salah satunya yaitu Program Indonesia Pintar dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). 

Ketika ada undangan pelantikan Pj Gubernur Babel beredar, Gigih Guntoro mengaku kaget. Informasinya bahwa Suganda yang dilantik 31 Maret 2023 bakal diganti karena bersikukuh menjaga netralitas Penjabat Kepala Daerah.

Ia menilai, Pergantian Pj Gubernur Babel melanggar Peraturan Menteri Dalam Negeri (Pemendagri) Nomor 4 Tahun 2023 tentang Penjabat Gubernur, Penjabat Bupati dan Penjabat Wali Kota.

Kata dia, Pergantian Pj Gubernur Babel cacat prosedur, cacat administrasi melanggar Permendagri Nomor Tahun 2023, dan syarat aroma politik praktis menjelang pilpres.

''Oleh karena itu, perlu segera mereshufle Mendagri dan Kepala BIN demi pemilu yang jujur dan adil,” tandasnya.

Sementara itu, dari kabar yang beredar sudah final Safrizal akan menggantikan Suganda sebagai Pj Guberbur Babel. Safrizal yang pria kelahiran Banda Aceh, 21 April 1970 bakal dilantik pada Senin (13/11/2023).

Diketahui, dia pernah menjabat sebagai Pj Gubernur Kalimantan Selatan selama 6 bulan (18 Februari 2021-25 Agustus 2021).

Hingga saat ini Safrizal masih menjabat sebagai Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: