12 Tokoh Seni dan Budaya Daerah Belitung Mendapat Penghargaan

12 Tokoh Seni dan Budaya Daerah Belitung Mendapat Penghargaan

12 Tokoh Seni dan Budaya Daerah Mendapatkan Penghargaan Dari Pemkab Belitung-Ist-

BELITONGEKSPRES.CO.ID, TANJUNGPANDAN -  Sebanyak 12 tokoh seni dan budaya yang berjasa dalam melestarikan seni dan budaya daerah mendapat penghargaan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung,

Pemberian penghargaan kepada 12 tokoh seni dan budaya tersebut berlangsung dalam acara puncak Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) Kabupaten Belitung tahun 2023 Sabtu (25/11/2023) malam.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Belitung Soebagio mengatakan, penghargaan diberikan sebagai apresiasi atas jasa para tokoh seni dan budaya dalam melestarikan serta memajukan seni dan budaya sampai saat ini

Menurut Soebagio, Pekan Kebudayaan Daerah Kabupaten Belitung tahun 2023 bertujuan untuk memperkenalkan sekaligus melestarikan kekayaan seni, adat, serta budaya yang dimiliki oleh daerah ini.

BACA JUGA:Daihatsu Ayla Jadi City Car dengan Penjualan Tertinggi 2023, 5 Faktor Mobil Ini Begitu Diminati

BACA JUGA:Belitong Geopark Run 2023 Perebutkan Total Hadiah Rp 100 Juta, Ini Link Pendaftaran

Selain itu, lanjut Soebagio, melalui PKD 2023 dan Anugerah Tokoh Pemajuan Kebudayaan Belitung diharapkan terwujudnya upaya pelestarian enam objek pemajuan kebudayaan.

"Keenam objek tersebut adalah kesenian tradisional, pengetahuan tradisional, permainan rakyat, teknologi tradisional, tradisi lisan, dan olahraga tradisional," katanya.

Ia menyebutkan penghargaan tersebut diberikan kepada 12 tokoh seni dan budaya, yakni Sofwan AR (pencipta lagu daerah Belitung), Rohalbani (pelaku seni budaya), Seridin (pelaku dan pelestari seni budaya permainan tradisional Lesong Panjang).

Kemudian, Sabiin (pelaku seni budaya peniup Serunai), Abdul Rahman (pemain musik keroncong tertua di Membalong), dan Rahini Ridwan (kolumnis dan penulis budaya Belitung).

BACA JUGA:Menang 3-0, PS Beltim U13 Melaju ke Babak Final Piala Soeratin Babel

BACA JUGA:Cara Mudah Usir dan Basmi Tikus di Rumah, Cukup Pakai Penyedap Rasa

Selanjutnya, Bahani (pelaku dan pelestari budaya masyarakat Desa Selat Nasik), Salim YAH (budayawan dan sejarahwan Belitung), Marwan Hasan (pelaku dan penulis Etnosains Belitung),

Berikut penghargaan diberikan Achmad Hamzah (budayawan Belitung), Abdul Rahim (pelaku budaya mentanak nasi pada pesta rakyat/krak gede), dan Saidin (penjaga makam Depati Cakraningrat).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: antara