Inovasi Diskotikdansa, Aplikasi Mentudong Beltim Resmi Diluncurkan

Inovasi Diskotikdansa, Aplikasi Mentudong Beltim Resmi Diluncurkan

Diskotikdansa Resmi Meluncurkan Aplikasi Mentudong Beltim Gedung Auditorium Zahari MZ, Senin 18 Desember 2023-Ist-

BELITONGEKSPRES.CO.ID, MANGGAR – Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskotikdansa) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) resmi meluncurkan inovasi Aplikasi Mentudong Beltim.

Peluncuran Mentudong Beltim ditandai dengan penekanan tombol pada Layar IPAD oleh Bupati Beltim Burhanudin dan Kepala Disktikdansa Bayu Priambodo di Gedung Auditorium Zahari MZ, Senin 18 Desember 2023.

Mentudong Beltim merupakan inovasi publikasi data dan statistik daerah yang bersumber dari Badan Pusat Statistik (BPS) dan Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Beltim.

Aplikasi berbasis android (mobile-based application) Mentudong Beltim ini merupakan singkatan dari Mencari Data Pendukung Pembangunan, yang dapat diunduh di Google Play Store.

BACA JUGA:Pengakuan WNA Yaman yang Curi Emas Rp50 Juta, Awalnya Datang ke Indonesia untuk Berwisata

BACA JUGA:2 WNA Jadi Tersangka Pencurian Toko Emas di Belitung Timur, Ini Identitasnya

Kepala Disktikdansa Kabupaten Beltim Bayu Priambodo mengatakan, Mentudong Beltim ini bukan proyek perubahan diklat kepemimpinan, akan tetapi murni kreasi penyelenggaraan urusan.

"Aplikasi ini dapat semakin mendekatkan dan memudahkan setiap stakeholder dalam mengakses data dan statistik yang diproduksi oleh BPS dan OPD di Lingkungan Kabupaten Beltim,” ujar Bayu. 

Bayu menjelaskan, Mentudong Beltim adalah salah satu upaya Pemkab Beltim untuk menyediakan informasi publik bagi masyarakat, sebagaimana diamanatkan di dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, diturunkan ke dalam Peraturan Daerah Belitung Timur Nomor 5 Tahun 2022 tentang Keterbukaan Informasi Publik di Kabupaten Beltim. 

BACA JUGA:Dibuka Pekan Depan, KPU Beltim Siapkan Rekrutmen 3.267 Petugas KPPS Pemilu 2024

BACA JUGA:Gelar Workshop, Kesbangpol Beltim Cegah Berita Hoaks dan Ujaran Kebencian Jelang Pemilu 2024

Menurut Bayu, sumber data dan informasi sebagai konten pada aplikasi Mentudong Beltim adalah publikasi statistik dasar yang diproduksi oleh BPS dan publikasi statistik sektoral.

"Publikasi statistik sektoral tersebut diproduksi melalui kegiatan statistik sektoral yang diselenggarakan oleh OPD di Lingkungan Kabupaten Beltim,” jelas Bayu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: diskotikdansa beltim