Inilah 5 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah Babel yang Ditahan Kejagung, Begini 'Permainan' Mereka

Inilah 5 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah Babel yang Ditahan Kejagung, Begini 'Permainan' Mereka

Kolase: 5 tersangka kasus korupsi timah di Babel yang ditahan Kejagung adalah SG alias AW, MBG, HT alias ASN, TN alias AN, MRPT alias RZ dan dan EE alias EML-ist-

BELITONGEKSPRES.CO.ID, JAKARTA - Lima tersangka baru kasus dugaan korupsi tata niaga komoditas timah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) resmi ditahan Tim Penyidik Kejagung.

Salah satu tersangka korupsi yang ditahan Tim Penyidik JAM PIDSUS Kejagung adalah Muchtar Riza Pahlevi Thabrani (MRPT), mantan Direktur Utama (Dirut) PT Timah Tbk.

Kelima tersangka korupsi timah tersebut ditahan usai menjalani pemeriksaan di Gedung Bundar Kejagung, Jumat 16 Februari 2024. Mereka diduga terlibat kasus korupsi tata niaga komoditas timah di WIUP PT Timah periode 2015-2022.

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Ketut Sumedana mengatakan, peningkatan status 5 saksi menjadi tersangka didasarkan pada hasil pemeriksaan dan alat bukti yang diperoleh penyidik. 

BACA JUGA:2 Orang Jadi Tersangka Korupsi Timah di Babel, Kejagung Sita Puluhan Alat Berat Hingga Uang Ratusan Miliar

BACA JUGA:Tim Kejagung Sita 20 Alat Berat Terkait Korupsi Timah di Babel

Penyidik telah menemukan bukti permulaan yang cukup untuk menetapkan saksi menjadi tersangka. Lima tersangka yang ditahan adalah SG alias AW, MBG, HT alias ASN, TN alias AN, MRPT alias RZ dan dan EE alias EML.

SG alias AW pengusaha tambang di Kota Pangkalpinang, MBG pengusaha tambang di Kota Pangkalpinang, HT alias ASN Direktur Utama CV VIP (perusahaan milik tersangka sebelumnya TN alias AN).

Kemudian, tersangka MRPT alias RZ yang merupakan Direktur Utama PT Timah Tbk periode 2016-2021 dan EE alias EML selaku Direktur Keuangan PT Timah Tbk periode 2017-2018.

Menurut Ketut, penetapan tersangka HT alias ASN merupakan pengembangan dari tersangka sebelumnya, yaitu TN alias AN dan AA, yang sudah ditahan Tim Penyidk Kejagung sebelumnya. 

BACA JUGA:Kejagung 'Kantongi' Calon Tersangka Korupsi Tata Niaga Timah, Dari Internal PT Timah dan Swasta?

BACA JUGA:Kejati Babel Tahan 1 Tersangka Baru Kasus Korupsi Proyek CSD dan Washing Plant PT Timah

Sementara itu, tersangka SG alias AW dan MBG memiliki perusahaan yang bekerja sama dengan PT Timah pada tahun 2018 tentang sewa menyewa peralatan peleburan timah.

Perjanjian kerja sama tersebut ditandatangani oleh tersangka MRPT alias RZ dan tersangka EE alias EML selaku pejabat PT Timah. Dalam perjanjian itu, tersangka SG alias AW meminta tersangka MBG untuk menyediakan bijih timah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: babel pos