Rahasia Umur Panjang dan Tetap Bugar: Simak 4 Tips Kesehatan dari Menkes

Rahasia Umur Panjang dan Tetap Bugar: Simak 4 Tips Kesehatan dari Menkes

Ilustrasi: Tips menjaga kesehatan agar umur panjang dan tetap awet muda dari Menkes Budi Gunadi Sadikin--freepik

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Siapa yang nggak mau umur panjang dan sehat? Nah, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, baru-baru ini membagikan beberapa tips keren untuk menjaga kesehatan kita.

Maklum, penyakit tidak menular seperti jantung, stroke, dan kanker masih jadi penyebab utama sakit dan kematian di Indonesia. Makanya itu semua akan mempengaruhit umur seseorang.

Jadi, yuk simak tips umur panjang tetap bugar dan awet muda yang disampaikan Menkes usai meluncurkan program Integrasi Layanan Primer (ILP) di Kendal, Jawa Tengah beberapa waktu lalu.

1. Rutin Cek Kesehatan

Menkes Budi menekankan pentingnya melakukan cek kesehatan secara rutin, minimal setahun sekali. Ini bukan cuma soal memeriksa tekanan darah, gula darah, dan kolesterol.

BACA JUGA:Rekomendasi Obat Luka Bakar Terbukti Ampuh, Berikut 5 Pilihannya

BACA JUGA:Nama Lain dan Karakteristik Kratom di Beberapa Daerah, Tanaman Kontroversial dengan Manfaat Medis

Pemeriksaan ini membantu kita mendeteksi masalah kesehatan sejak dini. Jadi, jika ada sesuatu yang nggak beres, bisa langsung ditangani sebelum menjadi masalah besar.

2. Jaga Berat Badan dan Lingkar Perut

Salah satu hal yang patut diperhatikan adalah lingkar perut. Menurut Menkes Budi, batas aman lingkar perut untuk pria adalah 90 cm dan wanita 80 cm.

Jika ukuran perut sudah melebihi batas tersebut, ini bisa menjadi tanda ada masalah kesehatan serius, seperti risiko serangan jantung.

Nah, untuk pria, ukuran celana di atas 34 bisa jadi indikasi obesitas, sedangkan untuk wanita, jika ukuran celana di antara 31-32 masih bisa dikatakan aman.

BACA JUGA:7 Fakta Menarik Daun Kratom, Manfaat dan Efek Risiko yang Wajib Diketahui

BACA JUGA:Inilah 26 Produk Skincare Berbahaya Temuan BPOM yang Mengandung Hidrokuinon

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: