UMKM Binaan BRI Tembus Pasar Amerika, Unjuk Gigi di Natural Product Expo West 2025

UMKM Binaan BRI Tembus Pasar Amerika, Unjuk Gigi di Natural Product Expo West 2025

UMKM Binaan BRI Tembus Pasar Amerika, Unjuk Gigi di Natural Product Expo West 2025-(Istimewa/BRI)-

JAKARTA, BELITONGEKSPRES.CO.ID - UMKM Indonesia semakin menunjukkan eksistensinya di pasar global. Kali ini, sejumlah UMKM binaan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) kembali mendapat kesempatan emas untuk memperkenalkan produk unggulan mereka di ajang internasional

BRI membawa produk-produk terbaik dari UMKM alumni BRI UMKM EXPO(RT) ke pameran dagang bergengsi Natural Product Expo West (NPEW) 2025 di Anaheim, California, Amerika Serikat.

Pameran yang berlangsung pada 5-7 Maret 2025 ini menjadi ajang penting pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Indonesia untuk menjangkau pasar global, terutama di sektor produk natural. 

Mengusung tema “Trade with Remarkable Indonesia”, pameran ini menjadi salah satu ajang terbesar di dunia untuk produk alami, menghadirkan lebih dari 3.000 produsen dari berbagai negara dan menarik sekitar 65.000 pelaku bisnis global. 

BACA JUGA:Hasil RUPST BRI 2025: Dividen Melesat, Buyback Saham, dan Susunan Direksi Baru

Sebagai platform business-to-business (B2B), NPEW 2025 memberikan peluang strategis bagi UMKM Indonesia untuk memperluas jangkauan pasar, menarik minat buyer, serta menjalin kerja sama dengan importir potensial di Amerika Serikat.

BRI membawa tiga UMKM binaannya, alumni BRI UMKM EXPO(RT), ke panggung internasional, yaitu Drink Palmas (minuman fungsional berkarbonasi), Timtim Natural Estusae (makanan sehat dan rempah-rempah khas Indonesia), serta CV Agradaya Indonesia (produk rempah dan obat herbal). 

Dengan dukungan Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) Los Angeles, BRI membuka peluang lebih luas bagi UMKM Indonesia untuk menarik minat pasar Amerika Serikat, Negeri Paman Sam itu.

Selama tiga hari pameran, ketiga UMKM binaan BRI mencatat potensi transaksi (potential deals) yang mengesankan, dengan total mencapai USD 754.800 atau sekitar Rp28 miliar. Capaian ini menjadi bukti bahwa produk UMKM Indonesia memiliki daya saing tinggi dan mampu bersaing di pasar global.

BACA JUGA:BRI Raih Penghargaan Best SME Bank in Indonesia, Terdepan Dukung UMKM

Dalam keterangan pers, Selasa 25 Maret 2025, BRI Representative untuk koridor atau wilayah Amerika Serikat Budi Pratama menekankan peran penting BRI dalam membantu UMKM menemukan mitra bisnis internasional. 

"BRI secara aktif mendorong UMKM Indonesia untuk memperluas jangkauan pasar hingga ke tingkat global, khususnya Amerika Serikat. Inisiatif ini adalah bukti nyata komitmen kami dalam membuka peluang bagi UMKM agar semakin berkembang di pasar internasional," ujarnya.

Sementara itu, Elizabeth Souw, Marketing Specialist untuk produk-produk Indonesia, menekankan pentingnya diferensiasi agar mampu bersaing di pasar Amerika Serikat. Menurutnya, produk Indonesia harus memiliki nilai tambah untuk menarik minat pasar global.

"Produk natural asal Indonesia juga memiliki keunggulan dalam masa simpan yang lebih panjang, yang menjadi faktor krusial bagi buyer di Amerika Serikat," jelas Elizabeth Souw.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: