Kisah UMKM Mendunia: Bali Nature Sukses Go Internasional Berkat Pemberdayaan BRI

Kisah UMKM Mendunia: Bali Nature Sukses Go Internasional Berkat Pemberdayaan BRI-(Istimewa/BRI)-
JAKARTA, BELITONGEKSPRES.CO.ID – Dari sebuah rumah produksi kecil di Bali, kini Bali Nature sukses menembus pasar internasional. Brand perawatan tubuh berbahan alami ini telah mengirimkan produknya ke Dubai, Hong Kong, hingga Australia.
Di balik pencapaian gemilang ini, ada kisah ketekunan sang pendiri, Ni Putu Ayu Karina Dewi, serta dukungan pemberdayaan dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI).
Berawal dari cinta terhadap alam Bali dan tradisi leluhur, Karina memulai bisnis Bali Nature dengan sederhana. Ia melihat peluang besar saat banyak wisatawan mancanegara berburu produk perawatan tubuh berbahan dasar alami khas Pulau Dewata.
“Kami melihat banyak wisatawan mencari produk perawatan tubuh berbahan alami khas Bali. Dari sana, kami mulai dengan dua produk utama, yaitu minyak pijat (massage oil) dan garam mandi (bath salt),” cerita Karina.
BACA JUGA:Super Apps BRImo Tembus 40 Juta User, Transaksi Sentuh Rp1.599 Triliun di Triwulan I/2025
Namun, perjalanan menuju kesuksesan go global tidaklah mudah bagi Karina. Tantangan kapasitas produksi dan keterbatasan pemasaran sempat menjadi hambatan.
Di sinilah peran BRI sangat terasa. Melalui program pemberdayaan UMKM, BBRI membantu Bali Nature meningkatkan kualitas produksi, memperkuat strategi pemasaran, hingga membuka akses ke pasar ekspor.
Kini, dengan omzet yang menembus ratusan juta rupiah setiap bulan dan produknya telah tersebar di berbagai pusat oleh-oleh serta supermarket di Bali, Karina mengakui bahwa perjalanan Bali Nature penuh tantangan.
Pada tahun 2022, Bali Nature berhasil mencatatkan prestasi besar dengan mengekspor 300 unit produk body butter ke Dubai, serta mengirimkan sejumlah produk ke Hong Kong dan Australia.
BACA JUGA:Kisah Sukses Serius Pangan Nusantara: UMKM Kopi Lokal Go Global Berkat Pemberdayaan BRI
Namun, Karina tak menampik bahwa regulasi ketat di tiap negara tujuan serta kendala logistik menjadi tantangan tersendiri. Terutama dalam menjaga mutu dan kualitas produk selama proses pengiriman internasional.
“Saat pertama kali ekspor ke Dubai, kami baru tahu bahwa ada banyak sertifikasi yang harus dipenuhi. Prosesnya panjang karena kami harus mencari tahu sendiri dokumen apa saja yang dibutuhkan,” ungkapnya.
Karina menuturkan, kesuksesan Bali Nature tidak lepas dari dukungan banyak pihak, terutama peran sektor perbankan dalam mendorong perkembangan usahanya.
Ia pun mengaku bersyukur karena keluarganya telah lama membangun hubungan bisnis dengan BRI, sejak orang tuanya merintis usaha kelontong.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: bri