UMKM Kopi Binaan BRI Sukses Tembus Pasar Global, Tampil di Pameran Kopi Dunia di AS

UMKM Kopi Binaan BRI Sukses Tembus Pasar Global, Tampil di Pameran Kopi Dunia di AS

UMKM Kopi Binaan BRI Sukses Tembus Pasar Global, Tampil di Pameran Kopi Dunia di Amerika Serikat-(Istimewa/BRI)-

JAKARTA, BELITONGEKSPRES.CO.ID – Komitmen PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI (BBRI) dalam mendoromg pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) go global kembali membuahkan hasil nyata.

Melalui strategi pembinaan terintegrasi, dua UMKM binaan BRI sukses menembus panggung internasional dengan tampil di ajang Specialty Coffee Expo 2025.

Ajang pameran kopi dunia paling bergengsi yang digelar pada 25–27 April 2025 di Houston, Texas, Amerika Serikat (AS), Negeri Paman Sam.

Dua pelaku usaha kopi unggulan yang menjadi delegasi Indonesia dalam pameran ini adalah Ci Kopi Mang Eko asal Jawa Barat dan Caldera Coffee dari Sumatera Utara.

BACA JUGA:BRI Liga 1 2024/2025 Sukses Digelar: Bukti Peran BRI dalam Pemberdayaan Sepak Bola dan UMKM

Keduanya merupakan UMKM binaan BRI yang difasilitasi melalui kolaborasi Kantor Perwakilan BRI New York bersama KBRI Washington DC dan Atase Perdagangan.

Melalui dukungan booth eksklusif dalam Paviliun Indonesia, mereka berhasil memperkenalkan produk kopi khas nusantara kepada ribuan audiens internasional.

Inisiatif ini menjadi langkah nyata BRI dalam membuka akses pasar global sekaligus memperkuat branding kopi Indonesia di mata dunia.

Specialty Coffee Expo sendiri merupakan pameran kopi dunia tahunan yang diorganisir oleh Specialty Coffee Association (SCA).

Pameran ini menjadi barometer global industri kopi spesialti, menghadirkan lebih dari 600 peserta dari seluruh dunia, termasuk pemanggang kopi, importir, rekanan F&B, hingga barista profesional.

BACA JUGA:Indeks Bisnis UMKM BRI Q1-2025: Kinerja Terus Tumbuh dan Tetap Optimis

Ajang ini juga diperkaya dengan 60 kuliah tematik dan 20 lokakarya mendalam yang mengupas tren terbaru, inovasi teknologi, keberlanjutan, hingga strategi pemasaran kopi global.

Program seperti Roaster Village, Cupping Exchange, dan Coffee Design Awards menjadi highlight yang menarik perhatian para pelaku industri internasional.

Selama tiga hari pameran, kedua UMKM binaan BRI aktif memamerkan produk unggulan dalam sesi cupping, diskusi industri, serta menjalin networking dengan buyer global.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: