Kisah Sukses UMKM Kuliner Baker’s Gram, Dibina Rumah BUMN BRI hingga Siap Ekspor

Kisah Sukses UMKM Kuliner Baker’s Gram, Dibina Rumah BUMN BRI hingga Siap Ekspor

Produk Kuliner UMKM Baker’s Gram yang siap ekspor berkat binaan Rumah BUMN BRI-(Istimewa/BRI)-

Sejak tahun 2024, Ratna aktif sebagai peserta binaan Rumah BUMN Jakarta, mengikuti berbagai pelatihan seperti e-commerce, pemasaran digital, hingga sertifikasi halal secara self-declare.

BACA JUGA: Sektor Produksi Jadi Fokus Utama, BRI Salurkan KUR Rp69,8 Triliun ke 8,3 Juta Debitur UMKM

“Saya paling antusias ikut pelatihan digital marketing, karena sekarang penjualan online itu kunci utama,” ujarnya.

Dukungan dari BBRI tak hanya dalam bentuk pelatihan. Melalui Rumah BUMN, BRI juga menyediakan fasilitas digital seperti layanan EDC merchant dan pembayaran melalui QRIS, memudahkan transaksi keuangan usaha.

Corporate Secretary BRI, Agustya Hendy Bernadi menegaskan komitmen perusahaan untuk terus mendukung pertumbuhan UMKM.

“BRI terus berkomitmen menjadi mitra utama pertumbuhan UMKM di seluruh Indonesia. Melalui Rumah BUMN, kami tidak hanya memberikan akses pelatihan dan pembinaan, tetapi juga dukungan teknologi dan akses pasar,” jelasnya.

BACA JUGA:BRI Resmikan Sentra Layanan Prioritas di Cirebon, Perkuat Komitmen Layanan Wealth Management

Uniknya, tenaga kerja Baker’s Gram mayoritas berasal dari lulusan SMK dan generasi Z. Mereka dipercaya untuk mengelola media sosial dan berbagai platform e-commerce bisnis.

“Anak-anak muda ini cepat belajar, punya gaya sendiri dan sangat adaptif terhadap dunia digital,” ujar Ratna, bangga.

Saat ini, Baker’s Gram bersiap melangkah ke pasar internasional. Jika tak ada hambatan, produk kuliner mereka akan dipamerkan dalam ajang promosi UMKM Indonesia di Istanbul pada September 2025.

Acara tersebut merupakan kolaborasi dengan Konsulat Jenderal RI (KJRI) Istanbul dan kementerian terkait.

Ratna juga membagikan pesannya untuk para pelaku UMKM lain di Indonesia. Menurutnya, semangat pantang menyerah dan kemauan untuk belajar menjadi kunci utama berkembangnya usaha.

BACA JUGA:Rumah BUMN BRI Dorong UMKM Promosikan Sambal Cita Rasa Khas Indonesia Hingga Mancanegara

“Tetap semangat, terus buka wawasan, dan temukan produk yang sesuai dengan passion. Kalau sudah ketemu produknya, fokuslah untuk mengembangkannya,” pesannya.

Kisah Baker’s Gram menjadi bukti nyata bahwa dengan pembinaan yang tepat dari BRI dan Rumah BUMN, UMKM Indonesia tidak hanya mampu bertahan, tetapi juga siap bersaing di kancah global.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: