Inilah Kisah Inspiratif 5 Pengusaha Muda Indonesia Sukses Mulai dari Nol

Reza Nurhilman, Rizky Arief Dwi Prakoso, dan William Tanuwijaya merupakan tiga dari lima pengusaha muda Indonesia yang sukses mulai dari nol--(instagram)
Selepas lulus pada 2003, ia bekerja di sejumlah perusahaan teknologi. Namun, impian besar membangun platform e-commerce baru terwujud pada 2009 berkat kolaborasinya dengan Leontinus Alpha Edison.
Meski awalnya penuh tantangan, konsistensi keduanya membuahkan hasil: Tokopedia kini menjadi salah satu marketplace terbesar di Indonesia, dengan jutaan penjual dan pembeli aktif.
BACA JUGA:Kisah Sukses Pengusaha Pakan Ternak Ponorogo, Bukti KUR BRI Dorong Usaha Berkembang
3. Rizky Arief Dwi Prakoso – HMNS Parfum
Nama Rizky Arief Dwi Prakoso semakin melambung berkat produk parfum lokal HMNS yang digandrungi anak muda. Lulusan teknik geologi ITB ini awalnya bercita-cita bekerja di industri tambang.
Bahkan, ia sempat mendapat tawaran dari perusahaan besar. Namun pengalaman bekerja di PT Brodo Ganesha Indonesia justru mengubah arah hidupnya.
Hanya dengan modal Rp 15 juta, Rizky meluncurkan HMNS pada 2018. Setahun kemudian, pandemi Covid-19 menghantam bisnisnya. Tanpa bisa mengandalkan offline store, Rizky memanfaatkan kemampuannya menulis copywriting untuk memperkenalkan produk secara digital.
Strategi pemasaran kreatifnya berhasil, HMNS bertahan melewati krisis, bahkan kini menjelma menjadi salah satu brand parfum lokal paling diminati.
4. Yukka Harlanda – Brodo
Kisah Yukka Harlanda, pendiri Brodo, bermula dari kesulitan pribadi. Saat mencari sepatu formal, ia kesulitan menemukan ukuran yang pas. Dari situlah lahir ide untuk membuat sepatu pria lokal dengan desain formal.
BACA JUGA:6 Franchise Paling Sukses di Indonesia, Peluang Bisnis yang Patut Dicoba!
Bersama rekannya, Putera, Yukka memulai usaha dengan modal Rp7 juta pada 2010, memproduksi 40 pasang sepatu dari pengrajin Cibaduyut.
Pemasaran dilakukan lewat media sosial seperti Kaskus dan Facebook, serta pameran lokal. Berkaut kualitas produk yang baik membuat Brodo lebih cepat mendapat pelanggan setia.
Tidak hanya itu, bisnis ini juga mendapat suntikan modal dari investor Christopher Angkasa untuk ekspansi. Sekarang Brodo sudah memiliki toko fisik, website resmi, dan dikenal menjadi salah satu brand sepatu lokal kebanggaan Indonesia.
5. Andanu Prasetyo – Kopi Tuku
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: