Perpustakaan Desa Cendil Meraih Penghargaan Program TPBIS 2022

Perpustakaan Desa Cendil Meraih Penghargaan Program TPBIS 2022

SELAMAT: Perpustakaan Desa Cendil Meraih Penghargaan Program TPBIS 2022-Ist-

BELITONGEKSPRES.CO.ID, MANGGAR - Perpustakaan Desa Cendil merupakan salah satu perpustakaan desa penerima manfaat Program PTBIS di Kabupaten Belitung Timur (Beltim).

Kabar baiknya, Perpustakaan Desa Cendil berhasil meraih penghargaan sebagai salah satu Perpustakaan Desa Terbaik dalam Implementasi Program PTBIS Tahun 2022.

Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) merupakan salah satu program unggulan Perpustakaan Nasional RI. Itu guna mendorong perpustakaan untuk menjadi sarana reproduksi pengetahuan ke dalam aksi nyata yang menyejahterakan.

Hal itu juga diwujudkan dengan menjalankan tiga strategi utama yakni peningkatan layanan informasi, pelibatan masyarakat, dan advokasi.

BACA JUGA:Seleksi Nirwasita Tantra, Transformasi Ekonomi Pasca Tambang Jadi Isu Strategis di Belitung Timur

BACA JUGA:BNNK Belitung Canangkan 2 Sekolah Bersinar, Program Intergrasi Pendidikan Anti Narkoba

Setiap tahunnya Perpustakaan Nasional RI akan memberikan penghargaan kepada perpustakaan terbaik dalam implementasi program TPBIS dalam acara Peer Learning Meeting (PLM) Nasional. Acara dihadiri oleh para Person In Charge (PIC) PTBIS baik provinsi maupun kabupaten dan perwakilan desa dari Sabang sampai Merauke.

Perpustakaan terbaik ini dinilai berdasarkan data yang didapat dari SIM Transformasi Perpustakaan. Data tersebut adalah pelaporan kegiatan perpustakaan selama setahun yang terdiri dari Peningkatan Layanan Informasi, Pelibatan Masyarakat, Advokasi, Publikasi, Replikasi Mandiri, dan Laporan Pengunjung.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Pustakawan Ahli Utama Perpustakaan Nasional RI, Renus Siboro dan Upriyadi yang diterima oleh Person In Charge (PIC) Program TPBIS Kabupaten Beltim, Shella Andini.

PIC Program TPBIS Kabupaten Beltim, Shella Andini menerima penghargaan tersebut dalam acara Peer Learning Meeting Nasional 2022, di Vasa Hotel Surabaya, Selasa 6 Desember 2022.

BACA JUGA:Gerakan Belitung Mengajar Buka Donasi, Jubaedah dan Jojo Butuh Uluran Tangan

BACA JUGA:Satreskrim Polres Belitung Amankan Sopir Brio Penabrak Bocah di Pantai Tanjungpendam, Ini Identitasnya

"Saya sangat mengapresiasi keberhasilan Desa Cendil menjadi salah satu desa terbaik dalam implementasi program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial tahun 2022. Bukan suatu yang mudah mencapai titik ini mengingat ada ribuan desa dari Sabang sampai Merauke yang menjadi mitra program TPBIS di tahun 2022," ungkap Kepala Dinas Perpustakaan Beltim, Mudiarsono, Kamis (8/12) 

Ia melanjutkan, keberhasilan tersebut merupakan buah dari kerja keras bersama terutama pengelola perpustakaan desa dan dengan dukungan yang baik dari pemerintah desa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: