Pendaftaran CPNS 2024 Segera Dibuka: Siapkan Diri untuk 600 Ribu Lowongan

Kamis 15-08-2024,12:59 WIB
Reporter : Yudiansyah
Editor : Yudiansyah

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Pendaftaran CPNS 2024 segera dibuka. Berdasarkan informasi dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), proses pendaftaran seleksi CPNS ini bakal dibuka dari 20 Agustus sampai 6 September 2024.

Nah, berita resmi pembukaan pendaftaran CPNS ini dikonfirmasi langsung lewat surat dari Plt Kepala BKN, Haryomo Dwi Putranto, dan diumumkan ke publik pada 14 Agustus di situs resmi BKN.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas, juga udah memberikan kepastian soal jadwal ini.

Meski sempat beberapa kali tertunda mulai dari rencana awal di akhir Juni, lalu diundur ke Juli, dan sekarang dipastikan di bulan Agustus pendaftaran CPNS akhirnya fix akan dilaksanakan.

BACA JUGA:Formasi CPNS Beltim 2024: Persiapan Seleksi CASN Dimulai Akhir Agustus

BACA JUGA:Nangis! Mantan Plt Kepala Dinas ESDM Babel Jadi Tersangka Baru Korupsi Timah, Ini Perannya

Menurut Menteri Anas, saat ini verifikasi formasi CPNS 2024 sudah mencapai 97%, dan formasi yang akan dibuka akan segera diumumkan.

Kenapa sih jadwalnya sempat mundur? Ternyata, beberapa kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah belum lengkap mengajukan formasi yang dibutuhkan.

Anas menegaskan, pemerintah saat ini fokus pada formasi pegawai auditor, tapi banyak instansi justru mengusulkan tenaga teknis.

Mengingat perkembangan teknologi digital yang bikin peran tenaga teknis mulai berkurang, verifikasi lebih lanjut diperlukan biar usulan formasi ini sesuai dengan arahan Presiden dan target prioritas pemerintah.

BACA JUGA:Nasib Honorer yang Tak Masuk Database BKN Menjelang CPNS dan PPPK 2024

BACA JUGA:Pemkab Belitung Usulkan 437 Formasi CASN 2024, Ini Rincian CPNS dan PPPK

Selain itu, ada kabar baik juga nih. Pemerintah berencana membuka sekitar 600 ribu lowongan untuk Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) pada Agustus 2024.

Menariknya, 10% dari total lowongan ini, atau sekitar 60 ribu CASN 2024, bakal ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang baru di Kalimantan Timur.

Dengan segala persiapan yang sudah matang dan penempatan strategis di berbagai daerah, terutama IKN, pendaftaran CPNS 2024 ini lebih dari sekadar mencari pekerjaan.

Kategori :