Kekuatan Doa! Mau Doa Cepat Terkabul, Ini Waktu Paling Mustajab

Kekuatan Doa! Mau Doa Cepat Terkabul, Ini Waktu Paling Mustajab

Ilustrasi: Berdoa (Pixabay )--

"Namun alasan semacam ini tidaklah menjadi sebab dianjurkan memperpanjang sujud terakhir ketika itu." (Fatawa Syaikh Ibnu Jibrin, Ahkam Qoth’ush Shalah, Fatawan no. 2046).

BACA JUGA:Waspada! Anak bisa Kena Gangguan mental karena Kecanduan Gadget, Ini Ciri-cirinya

Kedua, waktu paling mustajab doa di hari Jum'at.

Dikutip dari buku Panduan Amalan Hari Jumat oleh Mahmud Ahmad Mustafa (7/7) disebutkan ada satu kesempatan yang tak boleh dilewatkan bagi umat muslim saat hari Jumat tiba. Setelah ashar, merupakan waktu mustajab untuk berdoa.

Siapapun yang berdoa dan meminta Rahmat dari Allah SWT pasti akan dikabulkan, hal ini sesuai dengan hadits Rasulullah SAW:

"Pada hari Jumat terdapat dua belas jam (pada siang hari), di antara waktu itu ada waktu yang tidak ada seorang hamba muslim pun memohon sesuatu kepada Allah melainkan Dia akan mengabulkan permintaannya. Oleh karena itu, carilah ia di akhir waktu setelah Ashar." (HR Abu Dawud).

Penjelasan terkait hadist ini pun dijabarkan oleh beberapa ulama. Banyak yang menyebutkan bahwa waktu mustajab untuk berdoa di hari Jumat adalah setelah Ashar hingga menjelang terbenamnya matahari atau Maghrib.

BACA JUGA:5 Bahaya Kurang Minum Air Putih, Efeknya Fatal Bagi Kesehatan Tubuh

Ketiga, waktu paling mustajab doa pada saat sholat Fajar (Pembuka Hari)

Doa dalam sujud lebih diharapkan untuk dikabulkan, baik pada shalat Fajar (shalat Shubuh) maupun selain selain shalat Fajar. Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda dalam hadits shahih:

فَأَمَّا اَلرُّكُوعُ فَعَظِّمُوا فِيهِ اَلرَّبَّ , وَأَمَّا اَلسُّجُودُ فَاجْتَهِدُوا فِي اَلدُّعَاءِ , فَقَمِنٌ أَنْ يُسْتَجَابَ لَكُمْ

Adapun ruku’, maka agungkanlah Rabb di dalamnya; adapun sujud maka bersungguh-sungguhlah kalian dalam berdoa. Karena itu layak dikabulkan untuk kalian. [HR. Muslim]

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda:

أَقْرَبُ مَا يَكُونُ الْعَبْدُ مِنْ رَبِّهِ وَهُوَ سَاجِدٌ فَأَكْثِرُوا الدُّعَاءَ

Keadaan yang paling dekat dari seorang hamba kepada Rabbnya adalah tatkala ia sujud; maka perbanyaklah doa (di dalamnya). [HR. Muslim]

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: