Perayaan Imlek di Belitung Tahun ini Bakal Lebih Meriah dan Semarak, Sudah Bisa Open House

Perayaan Imlek di Belitung Tahun ini Bakal Lebih Meriah dan Semarak, Sudah Bisa Open House

Tokoh masyarakat Tionghoa Belitung, Ayie Gardiansyah--

TANJUNGPANDAN, BELITONGEKSPRES.CO.ID - Perayaan Tahun Baru Imlek 2023/2574 Kongzili di Kabupaten Belitung akan lebih meriah dan semarak dibandingkan sebelumnya.

Tokoh masyarakat Tionghoa Belitung, Ayie Gardiansyah, mengatakan perayaan imlek akan lebih meriah karena Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) telah dicabut.

Oleh karena itu, pencabutan PPKM tersebut bakal dimanfaatkan masyarakat untuk berkumpul atau melaksanakan "open house" pada perayaan imlek tahun 2023 ini.

"Kita lihat mulai saat ini untuk pasca dilepas PPKM itu lebih antusias dibanding beberapa tahun lalu, ketika pandemi Covid-19," kata Ayie Gardiansyah kepada Belitong Ekspres, kemarin.

BACA JUGA:Modus Pencurian Kalung, Korban Anak TK di Tanjungpandan Diajak Jalan dan Belanja

Menurut Ayie, warga Belitung yang melaksanakan imlek yang berada di luar Belitung juga mulai datang ke Belitung begitu juga sebaliknya.

Selain itu, rumah warga dan tempat ibadah yang merayakan Imlek 2574 Kongzili juga mulai dipasang ornamen Imlek dibanding beberapa tahun lalu.

Tentunya nanti, akan ada barongsai serta masyarakat Tionghoa di Kabupaten Belitung  akan berkumpul dan menggelar "open house".

"Jadi tahun ini lebih meriah dan semarak, mungkin akan kembali ke seperti sebelum pandemi Covid-19," beber Ayie.

Masyarakat Tionghoa juga akan melaksanakan tradisi mengunjungi, setelah sebelumnya  tidak berani melaksanakan itu ketika pandemi Covid-19.

BACA JUGA:Usai Jambret Tertangkap, Kini Ada Laporan Kalung Bocah TK Tanjungpandan Diambil OTD

"Jadi saat ini persiapan warga bersih-bersih rumah dan ada sebagian masyarakat yang mengantar dewa dapur, dan nanti pelaksaan ibadah ada yang di Kelenteng, Vihara dan ada juga di rumah," jelasnya.

Kemudian ia menyakini, tahun baru Imlek 2574 Kongzili yang merupakan Tahun Kelinci Air menggambarkan ketenangan, kedamaian. 

Sedangkan, usaha akan lebih mudah asalkan bisa jeli melihat peluangnya. "Jadi tahun ini sesuai dengan kondisi saat ini pasca Pandemi Covid-19, dan ini harapan," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: