Bupati Beltim Serahkan 12 Sertifikat Halal kepada Pelaku UMKM Binaan Dinas Perikanan

Bupati Beltim Serahkan 12 Sertifikat Halal kepada Pelaku UMKM Binaan Dinas Perikanan

Burhanudin Beltim Burhanudin menyerahkan sertifikat halal kepada salah satu pelaku UMKM di ruang kerjanya, Kamis (26/1/2023)-Ist-

LPPOM MUI Babel Sudah Serahkan 270 Sertifikat Halal 

Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) pada tahun 2022 sudah menyerahkan 270 sertifikat halal bagi pelaku UMKM di Kabupaten Beltim.

BACA JUGA:Dampak Mental Illness terhadap Kelangsungan Hidup Remaja

BACA JUGA:Meriahkan 20 Tahun Kabupaten Beltim, Pemkab Selenggarakan Touring Napak Tilas

Sekretaris Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Tri Mario Sandi mengatakan, sertifikat halal tersebut diserahkan kepada 240 pelaku usaha industri perumahan, 16 pelaku usaha restoran/catering.

Kemudian, diserahkan kepada 14 pelaku usaha rumah potong unggas/rumah potong hewan dan 12 yang diserahkan pada hari ini kepada kelompok usaha masyarakat produk olahan perikanan.

Sementara untuk target sertifikat halal untuk tahun 2023, Rio mengatakan tergantung kepada para pelaku UMKM di Kabupaten Beltim yang ingin mengajukan sertifikat halal bagi usahanya.

“Kalau kami pada dasarnya tergantung pengajuan dari UMKM, untuk biayanya selama nanti bisa didukung oleh Dinas, itu bisa lebih murah," ujar Tri.

"Saran kami diajukan secara kolektif minimal ada 3 UMKM karena memang kami mendatangkan auditor dari Provinsi sehingga untuk cost pesawat dan lain sebagainya bisa lebih murah. Apalagi seperti tadi ada 12 UMKM tentu lebih ringan lagi,” sambungnya.

BACA JUGA:Terjerat Kasus Korupsi, Mantan Direktur PDAM Kota Pangkalpinang Ditahan Jaksa

BACA JUGA:Perppu Ciptaker Sangat Diperlukan, Pengamat: Untuk Indonesia Siap Hadapi Tantangan Global

Tak hanya itu, Tri mengungkapkan, kedepan MUI Beltim juga sedang menyiapkan auditor halal untuk memudahkan sertifikasi halal tersebut.

Oleh karena itu, ia menghimbau bagi para sarjana-sarjana biologi, kimia yang memang ingin bergabung menjadi auditor halal kedepan bisa menghubungi MUI Beltim.

“Belitung Timur kemarin menjadi tuan rumah Kongres Halal dan hal itu sangat di apresiasi oleh LPPOM dan MUI Pusat, mudah-mudahan predikat ini terus kita bisa mengawal dan menjaganya,” tutup Tri. (rel)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: diskominfo beltim