Koin Rp100 Desain Wayang dan Rumah Gadang Dibeli Jutaan Rupiah, Hoax atau Fakta?

Koin Rp100 Desain Wayang dan Rumah Gadang Dibeli Jutaan Rupiah, Hoax atau Fakta?

Uang koin Rp100 rupiah digadang-gadang capai puluha juta rupiah.--TL: @TIANG AWAN CHANNEL

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Halo sobat koin kuno, uang koin Rp100 rumah gadang dihargai mahal oleh kolektor. Bukan tipuan Hubungi kontak Ini. Benar nggak sih? Uang koin jadul memang sering menggegerkan masyarakat. Hal itu lantaran harga uang tersebut yang dibanderol fantastis di berbagai marketplace. 

Desain Koin

Pertama kita membahas desain koin Rp100 gambar Rumah Gadang versi tipis. 

Dengan desain Sisi depan bergambar rumah adat orang Minangkabau di Sumatera Barat, yaitu Rumah Gadang beserta tulisan nominal 100 di atas dan tulisan Bank Indonesia.

Di bawah ada tulisan Rp100. dan Sisi baliknya bergambar wayang gunungan di tengah dan tahun pembuatan diantara yang dibagi dua kanan dan kiri atas ada tulisan hutan untuk kesejahteraan.

Di bawah ada nominal Rp100 koin ini merupakan koin peringatan untuk menjaga hutan. Uang koin ini dicetak di tahun 1978 dari segi bahan kain ini berbahan campuran tembaga nikel.

Koin ini memiliki berat 7 RAM serta berdiameter 28,5 mm dan punya ketebalan 1,4 mm.

BACA JUGA:Cara Dapat Saldo DANA Gratis 2023, Penghasil Cuan Tercepat

Hoax atau fakta?

Melansir kanal youtube @Tiang Awan Channel, memang sudah lama tidak terlihat (uang koin Rp100) dalam transaksi jual ataupun beli di kalangan masyarakat. 

Dari pantauan, uang koin ini dihargai 100 juta rupiah di marketplace Tokopedia milik akun rumah Sumber Rezeki. Dalam keterangannya uang tersebut bekas dan jelek. Pelapak tersebut mengatakan uang itu mahal karena memiliki nilai sejarah. Belum satu pembeli pun yang terlihat telah membeli uang koin Rp100 dari akun tersebut.

Sementara pelapak lain ada juga yang menjual dengan harga Rp50 juta Rupiah. Pelapak itu telah menjual 62 uang koin Rp100 rumah gadang dengan harga cukup murah. Ia menjual uang itu dengan harga Rp1.500 per kepingnya.

Video yang diunggah YouTube koleksi uang memperlihatkan seorang pria yang diketahui sebagai kolektor uang pun menanggapi persoalan uang Rp100 gambar rumah gadang ini.

Pria tersebut pun mulai membahas persoalan uang Rp100 itu. Ia menyampaikan, harga uang Rp100 Rumah Gadang hingga ratusan juta itu tidak benar atau hoax bila harganya tembus ratusan juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: