Kabar Baik Nih, 6 Bansos Cair Serentak Mei 2023 Lewat Pos dan ATM

Kabar Baik Nih, 6 Bansos Cair Serentak Mei 2023 Lewat Pos dan ATM

Ilustrasi Bansos--BE

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Kabar baik, 6 bantuan sosial (Bansos) bakal cair serentak pada bulan Mei 2023 ini via kantor Pos dan KKS ATM Bank Himbara. 

Dalam waktu dekat ini, pemerintah segera mencairkan bansos kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Nggak tanggung-tanggung bakal ada 6 bansos yang akan cair pada bulan Mei 2023 ini.

Untuk diketahui 6 bansos tersebut diantaranya 4 bansos berbentuk uang dan 2 bansos berupa barang. 

Keenam bansos ini, pertama Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH). Bansos PKH kini sudah masuk tahap 2 yaitu alokasi bulan April, Mei dan Juni.

Sementara itu pencairan Bantuan PKH ini menggunakan 2 mekanisme yakni melalui Kantor Pos dan KKS ATM Bank Himbara. 

BACA JUGA:Cair Minggu Ini, BLT dari Kementrian Sosial Rp 600 Ribu, Cara Dapatnya Begini!

Kedua, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Saat ini bantuan BPNT sudah memasuki tahap ketiga, yakni Periode Mei dan Juni 2023. 

Bagi KPM yang mencairkan melalui Kantor Pos, maka akan dicairkan tiga bulan sekaligus yaitu periode bulan April, Mei dan Juni sejumlah Rp 600 ribu. 

Sementara bagi KPM yang mencairkan lewat ATM Bank himbara, maka pencairannya 2 bulan sekali sejumlah Rp 400 ribu.

Kemudian yang ketiga, pemerintah akan menyalurkan bantuan langsung tunai dana desa (BLT DD) atau yang saat ini sudah berganti nama menjadi BLT Kemiskinan Ekstrem. BLT Kemiskinan ekstrem ini juga dicairkan untuk alokasi April, Mei dan Juni yakni sejumlah Rp900 Ribu. 

Bantuan Sosial yang keempat adalah bantuan Program Indonesia Pintar (PIP). Bantuan ini diberikan kepada peserta didik tingkat SD, SMP dan SMA/SMK dengan masing-masing mendapatkan Rp 450 ribu, Rp 750 ribu dan Rp 1 Juta. 

BACA JUGA:Khusus PKH BPNT, Bansos Cair Lagi Mulai 15 Hingga 31 Mei 2023, Apa Termasuk BPNT via KKS?

Sedangkan 2 bantuan sosial tambahan yang akan disalurkan pemerintah dalam bentuk barang yaitu bantuan beras Rp 10 kg dan bantuan daging ayam dan telur bagi KPM yang memiliki anggota keluarga rawan stunting. 

Bagi para KPM yang telah menunggu pencairan bansos ini, harap terus meng-update status kepesertaan anda di Cekbansos maupun di SIKS-NG untuk melihat apakah status periode pencairan sudah berubah atau tidak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: