Polres Beltim Siapkan 151 Personil Polisi RW, Apa Tugasnya?

Polres Beltim Siapkan 151 Personil Polisi RW, Apa Tugasnya?

Kapolres Beltim AKBP Arif Kurniatan--

BELITONGEKSPRES.CO.ID, MANGGAR - Kapolres Belitung Timur (Beltim) AKBP Arif Kurniatan sudah menyiapkan pembekalan kepada sebanyak 151 personil Polisi RW.

AKBP Arif Kurniatan memastikan kebijakan polisi RW yang disampaikan Kapolri melalui Kabagharkam Polri sudah disiapkan Polres Beltim.

Bahkan, pembekalan untuk menjadi polisi RW di wilayah Kabupaten Belitung Timur sudah dilakukan dan siap dijalankan. 

Menurutnya, Polisi RW ini bertugas untuk dapat mewujudkan lingkungan rukun warga yang aman, kondusif dan sehat, bersama-sama dengan ketua RW setempat.

"Polisi RW membantu tugas dari bhabinkamtibmas, berarti itu di luar dari yang berstatus sebagai bhabinkamtibmas. Jadi di situ ada di fungsi BagOps, fungsi Lantas, fungsi Reskrim, fungsi Intel seluruhnya," ujar AKBP Arif kepada Belitong Ekspres, kemarin.

BACA JUGA:Nggak Perlu Upload Video, Gini Cara Dapat Uang dari YouTube

BACA JUGA:APRI Beltim Minta Kejelasan IPR Dalam WPR, Begini Tanggapan Kepala Cabang Dinas ESDM

Polisi RW diharapkan menjadi upaya preventif dan preemtif segala sesuatu yang berada di masyarakat. Kemudian menjadi problem solver, mencari jalan pemecahan ketika ada masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat.

"Tidak melulu itu penegakan hukum. Tetapi penegakan hukum merupakan salah satu upaya terakhir kita mencoba menjadikan permasalahan itu dapat diselesaikan di tingkat RW secara keluargaan. Kalau tidak bisa diselesaikan akan di fasilitasi untuk dibawa ke Polsek ataupun Polres," jelas AKBP Arif.

Kata dia, tugas polisi RW sebenarnya hampir sama dengan polisi-polisi yang ada pada umumnya. Namun untuk lebih menekankan kembali tugas fungsi maka perlu dibekali lebih banyak. 

"Rencananya tanggal 25 (Mei), itu ada dari Direktorat Binmas juga akan mengadakan pelatihan kepada mereka (polisi RW), penyegaran lagi refresh refreshing lagi biar mereka bisa lebih mengerti lagi," kata AKBP Arif.

BACA JUGA:Jaminan Tokcer, Unduh Aplikasi Penghasil Saldo DANA Gratis, Cuannya Hingga Rp 500 Ribu

BACA JUGA:Curi Hp di RSUD Belitung, Duda Asal Palembang Ditangkap Polisi

AKBP Arif menjelaskan, idealnya polisi RW adalah anggota yang tinggal di wilayah tersebut. Namun dari pemetaan, tidak semua dapat terpenuhi mengingat tempat tinggal personil berbeda-beda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: