Arti Kode Ban Mobil dan Kegunaannya yang Harus Kamu Pahami

Arti Kode Ban Mobil dan Kegunaannya yang Harus Kamu Pahami

Arti Kode Ban Mobil --Pixabay

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Tahukah anda, setiap ban kendaraan mobil yang diproduksi memiliki kegunaan berbeda-beda. 

Semua ban kendaraan selalu mencantumkan kode tertentu pada bagian luar dan menjadi patokan bagi pemilik kendaraan saat akan mengganti atau menukar ban kendaraannya.

Ban memiliki peranan penting terhadap keselamatan dan kenyamanan pengemudi. Salah satu alasan mengapa ban adalah komponen terpenting bagi sebuah kendaraan adalah fungsinya sebagai penggerak.

Pemilihan ban yang cocok tentu juga melihat spesifikasi kendaraan yang akan ditopangnya. Wajib bagi pemilik kendaraan mengetahui agar keselamatan dan kenyamanan dapat dirasa maksimal.

BACA JUGA:Daihatsu Granmax, Pilihan Mobil yang Cocok untuk Bisnis Milenial dengan Harga Terjangkau

Memilih ban secara umum harus ditentukan dari lebar tapak, rasio tinggi ban, hingga diameter. Biasanya tipe-tipe tersebut ditulis di ban dalam bentuk kode.

Biar tak salah, berikut arti-arti kode dalam ban mobil sepeerti dirangkum dari laman otoklix.com:

Arti-arti Kode pada Ban Mobil

1. Tipe Mobil (P)

Kode ban biasanya diawali huruf “P” yang berarti tipe mobil. Kode ban mobil “P” memiliki arti Passenger atau mobil pengangkut penumpang. 

Selain “P”, ada pula kode huruf lain seperti ST, LT, dan T. ST berarti Special Trailer, LT Light Truck, dan T artinya Temporary. Sesuai namanya, ban berkode “T” bersifat sementara. Artinya, itu merupakan ban cadangan yang tidak disarankan digunakan dalam waktu lama. 

BACA JUGA:Akhir Tahun Ingin Beli Mobil? Ini Dia Mobil Bekas Budget di Bawah 100 Juta Terbaik

2. Lebar Tapak Ban (205)

Kemudian, pada kode 'P', terdapat angka 205 yang menunjukkan lebar tapak ban dalam satuan milimeter. Dengan kata lain, mobil harus menggunakan ban yang memiliki lebar 205 milimeter."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: