SNBT 2024, Simak Jadwal, Tahapan Pelaksanaan Hingga Materi UTBK

SNBT 2024, Simak Jadwal, Tahapan Pelaksanaan Hingga Materi UTBK

Ilustrasi mahasiswa.--Freepik

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Kamu lulusan SMA/SMK sederajat tahun 2022, 2023 dan 2024 yang ingin masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN)? Bila kamu tidak memenuhi syarat untuk mendaftar Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP), kamu bisa mencoba jalur Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) 2024. 

SNBT merupakan seleksi masuk perguruan tinggi yang dilakukan berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan dapat ditambah dengan kriteria lain sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan PTN Akademik, PTN Vokasi atau Perguruan Tinggi Keagamaan Agama Islam Negeri (PTKIN) yang bersangkutan. 

SNBT dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2022, 2023 dan 2024 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK dan sederajat), serta lulusan Paket C tahun 2022, 2023 dan 2024 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2024). 

Dalam jalur SNBT, semua biaya penyelenggaraan ditanggung oleh peserta dan disubsidi oleh pemerintah.

BACA JUGA:Tes UTBK SNBT 2024: Simak Materi dan Contoh Soal yang Wajib Dikuasai

Tujuan dilaksanakannya SNBT untuk memprediksi calon mahasiswa yang mampu menyelesaikan studi di PTN dengan baik dan tepat waktu. 

PTN adalah perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh pemerintah, meliputi PTN Akademik, PTN Vokasi dan/atau Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

SNBT juga memberi kesempatan bagi calon mahasiswa untuk mengikuti tes secara fleksibel dengan memilih lokasi tes yang sesuai.

SNBT juga untuk menyeleksi calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di PTN dengan baik dan tepat waktu berdasarkan hasil UTBK dan/atau kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN.

Selain itu SNBT untuk memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa untuk memilih PTN secara lintas wilayah.

BACA JUGA:SNBP 2024: Panduan Lengkap Syarat, Cara Daftar dan Jadwal UTBK

JADWAL PELAKSANAAN

1. Pembuatan Akun SNPMB tanggal 8 Januari hingga 15 Februari 2024

2. Pendaftaran UTBK-SNBT 21 Maret hingga 5 April 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: pmb.uny.ac.id