Kembangkan Produk Unggulan Khas Daerah, Ini Sembilan Kampung Kreatif di Indonesia

Kembangkan Produk Unggulan Khas Daerah, Ini Sembilan Kampung Kreatif di Indonesia

Aktivitas warga di Kampung Pengasapan Ikan Semarang.--kemenparekraf.go.id

Terletak di Desa Ngrombo, Kecamatan Baki, Sukoharjo, Jawa Tengah, kampung kreatif ini adalah sebuah desa dengan ratusan kepala keluarga yang berprofesi sebagai pengrajin gitar. 

Kampung Gitar menawarkan berbagai jenis dan model gitar dengan kualitas terbaik, seperti gitar klasik, gitar akustik model tanduk, ukulele, mandolin, hingga rebab. 

Produk dari kampung kreatif ini banyak diekspor ke berbagai negara seperti Singapura, Malaysia, hingga berbagai negara Eropa lainnya.

Kampung Pengasapan Ikan Semarang

Kampung Pengasapan Ikan lokasinya terletak di Kampung Mangut Bandarharjo, Semarang Utara, merupakan kampung kreatif dengan potensi uniknya dalam mengembangkan keunggulan daerahnya. 

Kampung Mangut Bandarharjo memiliki 25 rumah pengasapan yang hampir setiap hari ngebul. 

Berbagai jenis ikan diproses di sini, mulai dari ikan tongkol, patin, pari, hingga manyung, yang nantinya dikirimkan ke rumah makan maupun pusat oleh-oleh untuk diolah kembali.

BACA JUGA:Hadiri Pelantikan DPD ISSTA Jatim, Wamenparekraf Ajak ISSITA Kembangkan Wisata dan Ekraf

Kampung Inggris Kediri

Kampung kreatif ini khususnya mengembangkan kemampuan bahasa Inggris para pesertanya dengan berbicara dalam bahasa Inggris secara terus-menerus. 

Kampung Inggris di Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur menjadi tempat melahirkan bibit unggul dan berdaya saing, dengan kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni. 

Kegiatan belajar di Kampung Inggris bisa menjadi langkah awal membuka peluang kerja di masa depan, seperti menjadi tour guide profesional yang mengenalkan pariwisata Indonesia.

Kampung YouTuber Bondowoso

Desa Tapen di Bondowoso, Jawa Timur, dikenal sebagai kampung kreatif yang dihuni oleh pemuda-pemuda sebagai YouTuber profesional yang sukses secara finansial. 

Keberhasilan mereka menarik perhatian banyak orang yang ingin belajar menjadi YouTuber di kampung kreatif ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemenparekraf.go.id