Waspada! Ini Cara Menghindari Modus Penipuan File APK Undangan Pemilu 2024

Waspada! Ini Cara Menghindari Modus Penipuan File APK Undangan Pemilu 2024

campaign #BilangAjaGak yang bertujuan untuk menolak mentah-mentah segala modus penipuan atau kejahatan perbankan di platform digital--akun x

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Waspada modus penipuan file apk undangan Pemilu 2024. BRI mengajak nasabahnya untuk selalu waspada dan menolak segala modus penipuan digital atau social engineering yang marak terjadi.

Salah satu modus baru yang perlu diwaspadai adalah file apk berisi undangan pemilu yang berpotensi mencuri data pribadi. BRI juga memberikan tips praktis untuk menghindari penipuan tersebut.

File apk berisi undangan pemilu atau PPS PEMILU 2024 merupakan aplikasi berbahaya yang bisa mengakses data pribadi korban jika di-klik.

File ini biasanya dikirimkan oleh nomor tak dikenal melalui pesan singkat atau whatsapp, dengan mengatasnamakan BRI atau lembaga resmi lainnya.

BACA JUGA:10 Game Penghasil Saldo DANA Tercepat 2024, Main Sekarang!

BACA JUGA:Cara Pinjam KUR BRI 2024 Rp70 Juta, Syarat Mudah dan Angsuran 1 Jutaan

Direktur Jaringan dan Layanan BRI Andrijanto mengatakan bahwa BRI tidak pernah membuka channel di aplikasi chat dan selalu mengimbau nasabah untuk lebih waspada dan mengenali berbagai jenis modus penipuan.

“BRI sebagai bank yang sangat concern terhadap segala jenis kejahatan bank senantiasa mengedukasi nasabah untuk lebih waspada dan mengenali berbagai jenis modus penipuan,” ujar Andrijanto dalam keterangannya baru-baru ini.

Untuk meningkatkan awareness dan kewaspadaan masyarakat, BRI juga menggencarkan campaign #BilangAjaGak yang bertujuan untuk menolak mentah-mentah segala modus penipuan atau kejahatan perbankan di platform digital.

Campaign ini diharapkan bisa mengurangi korban penipuan yang merugikan. Selain file apk undangan pemilu, ada juga modus penipuan lain yang masih sering digunakan oleh oknum penipu.

BACA JUGA:Siapa yang Berpeluang Jadi Presiden 2024? Ini Kata Ahli Fengshui

BACA JUGA:Hongkong Investor Asing Terbesar 2023, Realisasi Investasi di Babel Capai Rp 9 Triliun

Seperti undangan pernikahan digital, pemberitahuan penutupan rekening, pemberitahuan tagihan BPJS, foto paket dari kurir, surat pemberitahuan wajib pajak, surat atau blangko tilang, pemberitahuan SPT pajak, dan panitia pemungutan suara (PPS) pemilu.

Untuk mengantisipasi atau menghindari penipuan dengan modus social engineering, BRI memberikan beberapa tips praktis, yaitu:

  • Nasabah harus waspada saat ada pesan dari nomor tak dikenal mencantumkan link/file berbentuk apk
  • Kenali link/file apk yang disertai pengumuman/pemberitahuan berupa ancaman dan membuatmu panik
  • Tidak asal klik link/file yang dikirimkan
  • Jika Anda sudah terklik dan instal file apk tersebut, segera matikan koneksi data selular dan WIFI pada perangkat
  • Bersihkan data dan cache aplikasi tersebut
  • Uninstall aplikasi tersebut
  • Ubah username, PIN dan password Mobile Banking termasuk email pribadi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bri