Bahas Hak Angket, Tiga Partai Koalisi Perubahan Gelar Pertemuan Hari ini

Bahas Hak Angket, Tiga Partai Koalisi Perubahan Gelar Pertemuan Hari ini

Tiga Sekjen Partai Koalisi Perubahan usai mengadakan pertemuan di Nasdem Tower, Jakarta.--Disway

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Tiga partai politik, yakni Partai NasDem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), yang tergabung dalam koalisi perubahan dan menjadi pengusung calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar akan melakukan pertemuan pada hari Jumat, 23 Februari 2024. Pertemuan tersebut bertujuan untuk membahas hak angket.

Sekretaris Jenderal Partai NasDem, Hermawi Taslim menyampaikan bahwa pertemuan tersebut diadakan untuk menanyakan apakah ada komunikasi seputar pemilu dari Anies dan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar. Sementara DPR sedang melakukan masa reses.

Koalisi perubahan yang terdiri dari tiga partai tersebut sepakat mendukung PDI Perjuangan dalam menggulirkan hak angket DPR untuk mengusut berbagai kecurangan dalam Pemilu 2024. 

BACA JUGA:Hasil Pilpres 2024, 9 Lembaga Survei Sepakat Tanpa Kecurangan

Hermawi menyatakan bahwa mereka telah menyiapkan data-data pendukung untuk pengajuan hak angket. Mereka bersama dengan PDIP ingin menegakkan kebenaran dan keadilan bagi bangsa Indonesia.

Partai NasDem dan PKB belum menentukan langkah politik ke depannya akan menjadi oposisi ataupun ikut koalisi pemerintahan. Kedua partai tersebut sepakat menunggu penghitungan suara dari Koalisi Pemilihan Umum (KPU) selesai terlebih dahulu. 

BACA JUGA:Pemungutan Suara Ulang Pilpres 2024 di Belitung: Prabowo-Gibran Unggul Jauh

Hermawi mengatakan bahwa mereka tidak ingin terbius oleh hasil quick count. Oleh karena itu, mereka akan menunggu hasil hitung manual dari KPU.

Sekjen PKB, Hasanuddin Wahid, menyampaikan hal yang sama dan mengatakan bahwa mereka akan menunggu hasil rekapitulasi pemilu dari KPU RI sebelum menentukan langkah berikutnya, apakah akan bergabung dalam koalisi pemerintahan atau menjadi oposisi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway