Cara Menyimpan Foto Lebaran di Layanan Cloud: Solusi Saat Memori Ponsel Penuh

Cara Menyimpan Foto Lebaran di Layanan Cloud: Solusi Saat Memori Ponsel Penuh

Cara Menyimpan Foto Lebaran di Layanan Cloud, salah satu dengan Google Photos--Google

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Memori ponsel penuh saat perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah dapat diatasi dengan menyimpan foto Lebaran di berbagai layanan cloud. Saat momen spesial direkam melalui kamera ponsel, langkah ini penting untuk memastikan kenangan tetap terjaga.

Ketika momen berharga telah diabadikan dalam bentuk foto dan video, memori perangkat seringkali cepat terpakai habis. Penyimpanan cloud bisa menjadi solusi ideal untuk mengatasi masalah ini.

Berikut adalah beberapa cara untuk menyimpan data secara efisien di berbagai layanan cloud yang dapat diakses melalui ponsel dan perangkat lainnnya yang dirangkum, Jumat 12 April 2024.

1. Google Photos

Bagi pengguna Android, buka aplikasi Google Foto pada ponsel atau tablet Anda. Pastikan Anda masuk ke akun Google Anda. Pilih foto dan video yang ingin Anda cadangkan dengan menekan lama pada file tersebut. 

BACA JUGA:Chip Terbaru Apple, Chip M4 Siap Dirilis Akhir 2024 dengan Fokus AI

BACA JUGA:Leica Leitz Phone 3 Meluncur: Ponsel Kamera Premium dengan Sentuhan Khas Leica

Kemudian pilih "Cadangkan" di bagian bawah layar. Pengguna iOS juga dapat mengikuti langkah serupa di perangkat iPad atau iPhone. Foto yang disimpan di Google Photos akan menjadi bagian dari penyimpanan cloud Google, dengan penyimpanan gratis dasar sebesar 15 GB. Anda dapat memperluas penyimpanan dengan berlangganan sesuai kebutuhan Anda.

2. iCloud Photos

Pengguna dapat melakukan pencadangan foto secara manual melalui situs web iCloud.com. Unggah foto dalam format JPEG melalui komputer ke Perpustakaan Pribadi iCloud. Untuk pengguna iOS, gunakan aplikasi Foto di perangkat Anda. 

Di iCloud.com, klik "Unggah" dan pilih foto dari komputer untuk menyimpannya di cloud. Penyimpanan gratis dasar iCloud tersedia sebesar 5 GB. Anda dapat meningkatkan ruang penyimpanan dengan berlangganan paket tambahan.

3. OneDrive

OneDrive, layanan cloud dari Microsoft, dapat diakses melalui browser seperti Microsoft Edge atau Google Chrome. Pilih "Tambahkan unggahan file" dan unggah file atau folder dari perangkat Anda. 

BACA JUGA:Picu Penyakit Berbahaya, Penyebab Tinggi Kadar Bromat Dalam Air Minum Kemasan Terungkap

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: