Ford Lakukan Penarikan Kembali 43.000 Mobil SUV Kecil, Ternyata Ini Penyebabnya

Ford Lakukan Penarikan Kembali 43.000 Mobil SUV Kecil, Ternyata Ini Penyebabnya

Ford F-150 Lightning 2024 platinum black--ANTARA/ford.com

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Ford telah mengambil langkah untuk menarik kembali atau recall hampir 43.000 unit mobil segmen sport utility vehicle (SUV) kecil, karena potensi masalah terkait dengan bahan bakar.

Dikutip dari Hindustan Times, Sabtu 13 April 2024, recall SUV kecil ini menyangkut kemungkinan kebocoran bahan bakar dari injektor ke permukaan mesin yang panas, meningkatkan risiko kebakaran.

Meskipun tindakan penarikan kembali tidak langsung menangani masalah kebocoran bahan bakar itu sendiri, Ford mengambil langkah-langkah untuk mengatasi risiko yang terkait. 

Penarikan kembali tersebut melibatkan mobil SUV Bronco Sport spesifik dari model tahun 2022 dan 2023, serta SUV Escape dari tahun 2022, semuanya dilengkapi dengan mesin 1,5 liter.

BACA JUGA:Alasan Mengapa Mobil Diesel Lebih Mahal dari Mobil Bensin?

BACA JUGA:Kenali Penyebab AC Mobil Mendadak Tidak Dingin, Jangan Abai!

Dalam dokumen yang diserahkan kepada regulator keselamatan AS, Ford menjelaskan bahwa retakan pada injektor bahan bakar dapat mengakibatkan akumulasi bensin atau uap di sekitar sumber panas, berpotensi memicu kebakaran.

Untuk mengatasi masalah ini, dealer akan memasang tabung agar bahan bakar dapat mengalir dari permukaan yang panas ke tanah di bawah kendaraan.

Selain itu, mereka akan melakukan pembaruan perangkat lunak kontrol mesin untuk mendeteksi penurunan tekanan pada sistem injeksi bahan bakar.

Dalam situasi di mana perangkat lunak mendeteksi potensi kebocoran, itu akan secara otomatis menonaktifkan pompa bahan bakar bertekanan tinggi, mengurangi tenaga mesin, dan menurunkan suhu di dalam ruang mesin. Pemilik mobil akan diberitahu melalui surat mulai tanggal 1 April.

BACA JUGA:Mobil Diesel Bekas Makin Populer Berkat Gaya Modifikasi Thailand

BACA JUGA:Tips dan Cara Beristirahat Aman Dalam Mobil Saat Mudik Perjalanan Jauh

Meskipun Ford melaporkan lima kebakaran di bawah kap mesin dan 14 penggantian injektor bahan bakar yang dilakukan berdasarkan garansi, tidak ada laporan mengenai kecelakaan atau cedera yang diakibatkan oleh masalah ini.

Ford menyatakan keyakinannya bahwa perbaikan yang diimplementasikan akan mencegah kegagalan dan melindungi pelanggan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: antara