Kenali Penyebab dan Ciri Mobil Overheat, Serta Tips Mengatasinya

Kenali Penyebab dan Ciri Mobil Overheat, Serta Tips Mengatasinya

Kenali Penyebab dan Ciri Mobil Overheat, Serta Tips Mengatasinya--Freepik

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Mengalami mobil overheat bisa jadi pengalaman menakutkan bagi siapa saja. Overheat menandakan adanya masalah serius pada sistem pendingin atau komponen mesin lainnya.

Ciri-ciri mobil mengalami overheat mulai dari suara gelembung di reservoir hingga suhu mesin yang meningkat drastis pada saat Anda berkendara.

Artikel ini akan membahas pengertian overheat, penyebab umum, tanda-tanda, serta solusi efektif untuk mengatasi dan mencegah overheat pada mobil.

Berikut adalah beberapa penyebab mesin mobil overheat dan mengatasinya seperti dilansir Belitong Ekspres dari laman daihatsu.co.id, Selasa 11 Juni 2024.

BACA JUGA: Cara Mengatasi dan Mencegah Overheat Mesin Mobil, Fatal Jika Dipaksa Jalan

Apa Itu Overheat?

Overheat pada mobil adalah kondisi di mana suhu mesin kendaraan meningkat jauh di atas batas normalnya.

Mesin mobil dirancang untuk bekerja pada suhu optimal, dan ketika suhu terlalu tinggi, bisa menyebabkan kerusakan serius pada mesin.

Penyebab Mesin Mobil Overheat

Apa saja yang bisa menyebabkan mobil overheat? Berikut adalah 6 faktor umum yang menyebabkan mesin mobil menjadi terlalu panas:

1. Kipas Radiator Rusak

Kipas radiator yang rusak dapat mengakibatkan sistem pendingin mesin tidak berfungsi dengan baik, menyebabkan suhu mesin naik dan overheat.

BACA JUGA:Inilah Mobil Honda yang Raih Predikat Terbaik di ASEAN NCAP Grand Prix Awards 2024

2. Tutup Radiator Rusak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: daihatsu.co.id