BRI Siapkan Rp32,8 Triliun untuk Kebutuhan Lebaran, Pastikan Uang Tunai Terpenuhi Hingga Pelosok

BRI Siapkan Rp32,8 Triliun untuk Kebutuhan Lebaran, Pastikan Uang Tunai Terpenuhi Hingga Pelosok-(Istimewa/BRI)-
JAKARTA, BELITONGEKSPRES.CO.ID - Menjelang libur Lebaran 2025 yang berlangsung pada 28 Maret hingga 7 April atau selama 11 hari, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk telah menyiapkan uang tunai sebesar Rp32,8 triliun.
Kesiapan dana tersebut dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan transaksi tunai masyarakat selama momen perayaan Lebaran Idul Fitri 1446 Hijriah.
SEVP Operations BRI, Nyoman Sugiri Yasa, menyatakan bahwa penyediaan uang tunai ini merupakan strategi BRI untuk memastikan kelancaran aktivitas ekonomi serta menjaga layanan perbankan tetap optimal sepanjang periode libur Lebaran.
"Setiap tahun, momen Lebaran selalu diiringi dengan permintaan uang tunai di masyarakat. Oleh karena itu, BRI memastikan ketersediaan likuiditas yang memadai, khususnya di jaringan kantor cabang dan mesin ATM yang tersebar di seluruh Indonesia," ujar Nyoman dalam keterangan pers, Senin 10 Maret 2025.
BACA JUGA:Cara Jitu Agar Pengajuan KUR BRI 2025 Disetujui, Pelaku UMKM Harus Hindari Kesahanan Ini
Tahun ini, jumlah uang tunai yang disiapkan BRI mengalami penurunan sebesar 6,12% dibandingkan realisasi tahun sebelumnya. Penurunan proyeksi kas ini disebabkan oleh berkurangnya transaksi tarik tunai sebesar 15% secara tahunan (yoy) serta meningkatnya kebiasaan masyarakat dalam bertransaksi secara cashless.
Sementara itu, transaksi digital di BRI terus menunjukkan pertumbuhan. Jumlah transaksi melalui Super Apps BRImo meningkat 40,54% yoy, transaksi QRIS BRI melonjak 186% yoy, dan transaksi melalui EDC merchant BRI naik 177% yoy.
Selain menyiapkan dana tunai, BRI juga memastikan layanan digital banking, seperti BRImo, tetap optimal agar nasabah dapat bertransaksi non-tunai dengan mudah dan aman. Selain itu, BRI juga menjaga keandalan mesin ATM dan CRM, yang hingga akhir Desember 2024 jumlahnya mencapai 19.670 unit di seluruh Indonesia.
Per Desember 2024, BRI tercatat memiliki lebih dari 796 ribu jaringan e-channel, terdiri dari 776 ribu EDC, 10 ribu mesin ATM, dan 9 ribu mesin CRM.
Untuk memenuhi kebutuhan nasabah selama libur Lebaran, BRI juga mengoperasikan sejumlah kantor layanan secara terbatas di titik-titik strategis, guna memastikan akses terhadap layanan perbankan konvensional tetap tersedia.
Di samping itu, BRI juga mengoptimalkan lebih dari 1 juta Agen BRILink yang tersebar di seluruh Indonesia sebagai perpanjangan layanan perbankan. Kehadiran Agen BRILink diharapkan dapat memfasilitasi transaksi keuangan masyarakat di daerah pedesaan dan wilayah terpencil yang jauh dari kantor cabang BRI, sehingga ketersediaan uang tunai tetap terjaga.
Melalui berbagai langkah tersebut, BRI menegaskan komitmennya untuk selalu hadir melayani kebutuhan masyarakat di setiap momen penting, termasuk saat Lebaran yang identik dengan meningkatnya aktivitas ekonomi, tradisi mudik, serta transaksi keuangan keluarga.
"Kami ingin memastikan bahwa masyarakat dapat menikmati momen Lebaran dengan nyaman, tanpa khawatir akan keterbatasan akses terhadap layanan perbankan. Baik melalui jaringan kantor, ATM, BRImo, maupun Agen BRILink, BRI siap melayani Indonesia," tandas Nyoman.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: