UMKM Wewangian Binaan BRI Tembus Pasar Global, Siap Harumkan Indonesia

UMKM Wewangian Binaan BRI Tembus Pasar Global, Siap Harumkan Indonesia-(Istimewa/BRI)-
JAKARTA, BELITONGEKSPRES.CO.ID - UMKM asal Jakarta, SWR, siap membawa harum nama Indonesia di kancah internasional. Produsen wewangian yang merupakan binaan BRI ini berhasil masuk dalam kategori Healthcare & Wellness di ajang bergengsi BRI UMKM EXPO(RT) 2025.
Ajang ini adalah bukti nyata komitmen PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) dalam mendukung UMKM naik kelas dan menjangkau pasar global. Sebanyak 1.000 UMKM terpilih akan berkesempatan memamerkan produk terbaik mereka ke pasar nasional hingga internasional.
SWR sendiri berawal dari ide sang pemilik, Deddy Suwardi, yang terinspirasi dari bisnis cuci mobil. Dari sana, ia mengembangkan produk wewangian yang kini menjadi andalan dan sukses menarik perhatian pasar.
Dukungan dari BRI membuka jalan bagi UMKM seperti SWR untuk terus berinovasi dan berkembang. Dengan semangat ini, SWR siap mengharumkan nama Indonesia di dunia.
BACA JUGA:Modus Kejahatan Smishing Mulai Marak! BRI Imbau Nasabah Waspada, Jangan Sampai Data Perbankan Bocor
Pemilik SWR, Deddy Suwardi, berbagi kisah awal usahanya yang bermula dari bisnis cuci mobil hingga akhirnya merambah ke produk wewangian, yang kini menjadi andalan SWR.
“Saya menangani sendiri seluruh proses produksi, mulai dari mencari bahan baku hingga melakukan uji coba. Produk reed diffuser ini memang membutuhkan waktu dalam pengembangannya,” ungkapnya dalam keterangan pers BRI, Kamis 20 Maret 2025.
Secara omzet, SWR berhasil meraup pendapatan bersih hingga belasan juta rupiah setiap bulannya. Deddy menegaskan bahwa pameran ini menjadi peluang strategis untuk memperluas pasar dan mendorong ekspansi bisnisnya ke tingkat global.
“Saya menargetkan ekspor pada 2026. Harapan saya, produk ini bisa masuk ke berbagai store dan dipasarkan melalui pameran seperti BRI UMKM EXPO(RT). Strategi pemasaran saya memang berfokus pada pameran, karena selama event berlangsung, eksposur di media online juga meningkat,” jelasnya.
BACA JUGA:BRI Perkuat Komitmen ESG, Dorong Bisnis Berkelanjutan dan Berdampak Sosial
Sementara itu, Direktur Commercial, Small, and Medium Business BRI, Amam Sukriyanto, menegaskan bahwa BRI berkomitmen penuh dalam mendukung UMKM agar semakin kuat dan mampu bersaing di pasar global.
BRI terus menghadirkan berbagai program strategis untuk membantu UMKM naik kelas, termasuk membuka akses pasar dan peluang ekspor, salah satunya melalui BRI UMKM EXPO(RT) 2025.
Selama ini, BRI telah memberikan ruang bagi UMKM unggulan untuk memperluas jaringan bisnis dan memasarkan produknya ke tingkat internasional atau pasar dunia.
"SWR adalah contoh nyata bagaimana program pemberdayaan BRI membantu UMKM berkembang. Dengan mulai merancang ekspansi ekspor, mereka membuktikan bahwa UMKM Indonesia semakin berdaya saing dan siap menembus pasar global," ujarnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: