AgenBRILink Jangkau 67 Ribu Desa, BRI Perkuat Inklusi Keuangan Nasional di Era Digital

AgenBRILink Jangkau 67 Ribu Desa, BRI Perkuat Inklusi Keuangan Nasional di Era Digital--(Dok: BRI)
JAKARTA, BELITONGEKSPRES.CO.ID – Di tengah akselerasi transformasi digital sektor keuangan, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus mengukuhkan perannya sebagai penggerak inklusi keuangan nasional.
Melalui perluasan jaringan AgenBRILink, BRI berhasil menjangkau hingga pelosok negeri, termasuk wilayah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (3T).
Inisiatif ini menjadi solusi nyata untuk menjawab tantangan akses layanan perbankan bagi masyarakat yang selama ini belum terlayani secara optimal.
Langkah ini menjadi bukti nyata implementasi strategi hybrid banking yang diterapkan BRI—menggabungkan kekuatan layanan digital dengan jaringan fisik yang masif.
BACA JUGA:Berkat Dukungan BRI, Casa Grata Buktikan Camilan UMKM Bisa Tembus Pasar Dunia
Hasilnya, inklusi keuangan makin diperluas dan masyarakat di desa-desa kini lebih mudah mengakses layanan keuangan dasar, seperti tarik tunai, transfer, pembayaran tagihan, hingga pembukaan rekening.
Hingga Mei 2025, BRI mencatat pencapaian luar biasa: lebih dari 1,19 juta AgenBRILink aktif tersebar di 67.013 desa di seluruh Indonesia, mencatatkan 443 juta transaksi selama periode Januari hingga Mei 2025.
Dari sisi kontribusi bisnis, AgenBRILink turut menyumbang pendapatan non-bunga (Fee Based Income) sebesar Rp643 miliar bagi Bank BRI atau BBRI.
Direktur Utama BRI, Hery Gunardi, menyatakan bahwa keberhasilan AgenBRILink tidak lepas dari strategi penguatan fondasi jaringan dan peningkatan kapabilitas para agen.
BACA JUGA:Dorong Sektor Produksi, BRI Telah Salurkan KUR Rp69,8 Triliun ke 8,3 Juta Debitur UMKM
BRI, katanya, terus berupaya memperkuat sistem dan infrastruktur digital demi menjamin efisiensi, keandalan, serta keamanan dalam setiap transaksi.
“Kami memperkaya fitur layanan agar para agen bisa memberikan solusi keuangan yang lebih luas. Tidak hanya tarik tunai dan transfer, tapi juga pembayaran tagihan, pembelian asuransi mikro, setoran pinjaman, layanan referral pembukaan rekening tabungan, dan berbagai layanan mikrofinansial lainnya,” ungkap Hery.
Lebih dari sekadar transaksi, kehadiran AgenBRILink telah membuka peluang usaha baru di berbagai daerah, memperkuat ekonomi lokal, dan secara langsung meningkatkan literasi keuangan masyarakat.
Bank BUMN ini melihat agen sebagai mitra strategis yang mampu menjembatani masyarakat menuju sistem keuangan formal.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: