YBM PLN Babel Salurkan Beasiswa Dhuafa Berprestasi di IAIN SAS

YBM PLN Babel Salurkan Beasiswa Dhuafa Berprestasi di IAIN SAS

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN Unit Induk Wilayah Bangka Belitung (PLN UIW Babel) salurkan Program Beasiswa Cahaya Pintar (BCP) melalui kerjasama dengan Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik (IAIN SAS), Minggu (12/6).

Program ini dilaksanakan di 36 Kampus Universitas Negeri dan Swasta seluruh Indonesia dengan total penerima bantuan sebanyak 1.500 Mahasiswa.

Jurusan penerima bantuan beasiswa ini adalah Pendidikan Agana Islam, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Tadris Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Arab, Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Psikologi Islam, Perbankan Syariah, Hukum Keluarga Islam dan Akuntansi Syariah.

Rektor Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik (IAIN SAS) Irawan dalam pembukaannya menyampaikan ucapan terima kasih karena dapat menjadi bagian dari 36 kampus yang dipercaya PLN untuk memajukan dunia pendidikan terutama pendidikan agama Islam.

"Apresiasi yang sebesar-besarnya kepada YBM PLN UIW Babel yang telah mempercayakan program ini, apalagi ini adalah program se-Indonesia dan Universitas kami terpilih untuk membantu dalam menjaga dan mendidik anak-anak dhuafa dan berprestasi untuk mengenyam pendidikan S1 selama 4 tahun," tutur Irawan.

SRM Keuangan Komunikasi dan Umum PLN UIW Babel, Sapta Hidayat Nurdin menjelaskan YBM PLN Babel mendukung kemajuan teknologi terutamanya digitalisasi yang semakin hari semakin berkembang sehingga harus menyiapkan generasi-generasi penerus bangsa yang siap dalam perkembangan zaman yang saat ini semakin tumbuh maju.

"Generasi muda saat ini harus menyesuaikan perkembangan yang saat ini terjadi, apalagi era digitalisasi ini begitu pesat dan cepat semakin berkembang. Generasi sekarang jangan hanya sebagai follower, kedepan mari dari mahasiswa disini bisa jadi yang di follow," ucap Sapta.

Menurut Sapta, YBM PLN bertujuan merubah Mustahiq menjadi Muzzaki serta meningkatkan kesejahteraan Dhuafa dengan berlandaskan 5 pilar : Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi, Dakwah dan Sosial Kemanusiaan.

Sementara itu, Ketua 3 Bidang Koordinasi Unit dan Kerjasama Strategis YBM PLN Pusat, Joko Purnomo menyampaikan bahwa program Beasiswa Cahaya Pintar (BCP) ini merupakan salah satu Pilar YBM PLN yaitu Pendidikan.

"Bantuan ini bersumber dari potongan zakat 2,5% penghasilan pegawai dan dari jumlah seluruh zakat yang dihimpun PLN ini kami manfaatkan dan fokuskan untuk membangun menuntaskan pada generasi muda untuk mengenyam dunia pendidikan," terang Joko.

Sebanyak Rp 1 miliar atau Rp 125 juta per semester selama 4 tahun diberikan kepada 62 orang penerima bantuan beasiswa kepada dhuafa berprestasi yang sebelumnya telah dilakukan seleksi di seluruh Provinsi Babel, yang saat ini akan melaksanakan pembelajaran pada jenjang pendidikan Strata Satu (S1) IAIN SAS. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: pln babel