Budidaya Udang Vaname Sistem Millenial Shrimp Farm Mulai Dikembangkan di Belitung

 Budidaya Udang Vaname Sistem Millenial Shrimp Farm Mulai Dikembangkan di Belitung

Budidaya Udang Vaname Sistem Millenial Shrimp Farm Mulai Dikembangkan di Desa Tanjung Rusa, Kecamatan Membalong, Belitung--

BELITONGEKSPRES.CO.ID, MEMBALONG - Pengembangkan potensi budidaya udang vaname sistem millenial shrimp farm mulai dilakukan di Desa Tanjung Rusa, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung.

Dinas Perikanan Belitung bersama PT PLN (Persero) UIW Bangka Belitung (Babel) mengembangkan potensi budidaya udang vaname di Desa Tanjung Rusa Kecamatan Membalong.

Budaya udang vaname Sistem millenial shrimp farm melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN peduli bekerja sama dengan koperasi pembudidaya ikan "Karya Bahari".

Bantuan TJSL Program Desa Berdaya PT PLN UIW Babel itu diserahkan Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan Mustafrizal kepada Bupati Belitung H Sahani Saleh.

BACA JUGA:2 Pesepakbola Muda Belitung Timur Wakili Indonesia Bertanding di Portugal

Bupati Belitung Sahani Saleh kemudian menyerahkan Bantuan TJSL Program Desa Berdaya PT PLN UIW Babel ke koperasi pembudidaya ikan di Desa Tanjung Rusa, Rabu (9/8/2023).

Kepala Dinas Perikanan Belitung Firdaus Zamri mengatakan, Millenial Shrimp Farm merupakan Program Kementerian Perikanan dan Kelautan dalam meningkatkan komoditas udang.

Menurut Firdaus Zamri, potensi budidaya udang vaname saat ini sangat besar karena Indonesia baru mampu menguasai 25 persen dari pangsa pasar yang memiliki peluang luas.

Firdaus Zamri menyatakan bahwa tingkat kesulitan dalam budidaya udang vaname saat ini telah mengalami penurunan.

BACA JUGA:Eka Budiartha Pertanyakan Penentuan Indeks K Harga TBS Sawit di Bangka Belitung

"Selain itu, karakteristik udang vaname memiliki perbedaan sedikit dengan udang tiger yang dikenal lebih sulit dalam proses budidayanya. Udang vaname memiliki kekuatan yang lebih tinggi," katanya.

Menurut Firdaus, sebanyak 80 ribu benur atau bibit udang telah ditebar di tiga tambak yang dimiliki oleh Koperasi Karya Bahari di Desa Tanjung Rusa. Dari jumlah benur tersebut, targetnya adalah menghasilkan panen udang vaname seberat 1,2 ton.

Baik dari tambak, benur, maupun pakan udang vaname yang dibudidayakan di koperasi tersebut merupakan bantuan dari PLN Babel. Bantuan ini dari koordinasi dengan dinas mereka.

Pasalnya, usaha tambak vaname seperti yang diterapkan di Koperasi Karya Bahari, memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan oleh masyarakat karena biayanya dapat ditekan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: