Usai Kunker ke BPBLB, Harianto Minta Pemprov Babel Tingkatkan Budidaya Ikan Laut

Usai Kunker ke BPBLB, Harianto Minta Pemprov Babel Tingkatkan Budidaya Ikan Laut

Bersama rombongan Komisi II DPRD Babel, Harianto sudah langsung turun ke lokasi pembibitan benih unggul budidaya perikanan laut di BPBLB-Ist-

BELITONGEKSPRES.CO.ID, PANGKALPINANG -  Anggota Komisi II DPRD Provinsi Bangka Belitung (Babel) Harianto minta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel tingkatkan budidaya ikan laut di Babel.

Hal itu disampaikan Harianto usai melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Balai Perikanan Budidaya Laut Batam (BPBLB) yang dinaungi Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Rabu (13/7), bersama rombongan komisi II, dia sudah langsung turun ke lokasi pembibitan benih unggul budidaya perikanan laut tersebut.

"Babel merupakan provinsi Kepulauan yang dikelilingi oleh lautan dan pastinya hasil perikanannya pun melimpah, sehingga usai kunjungan kerja kami, saya kita Pemprov Babel lebih meningkatkan sektor perikanan melalui budidaya ikan laut," kata Harianto, Kamis (21/7).

BACA JUGA:Beliadi Apresiasi Bebak Institute, Siapkan Program Tabungan Pohon Balsa

BACA JUGA:Persiapan Sarasehan se Belitung, LAMBEL Buat Video dan Narasi Buku

Selain itu, politik Golkar Babel Harianto mengatakan, bahwa budidaya ikan laut ini bisa digarap skala kecil dan skala besar. Pasalnya, untuk budidaya ikan laut ini cocok dilakukan di Provinsi Babel.

"Kini juga lagi maraknya pengembangan Tambak Rakyat di Kabupaten Bangka Tengah dan itu menambahkan lapangan pekerjaan dan meningkatkan ekonomi masyarakat. sehingga saya rasa budidaya ikan laut ini juga ditingkatkan di Babel baik skala besar maupun kecil," ujarnya.

Diketahui, sebelumnya Provinsi Babel pernah mengajukan, tetapi karena keterbatasan transportasi untuk pengiriman bibit dari Batam belum dapat dilakukan. Sehingga pihak BPBLB menyarankan segera berkoordinasi dengan Balai Besar yang ada di Lampung agar bibit dapat dikirim melalui jalur darat. 

BACA JUGA:Operasi Katarak Gratis di Belitung Awal Agustus, Taufik Mardin: Silahkan Daftar

BACA JUGA:Baznas Belitung Bantu Biaya Pengobatan Rohani, Warga Kampong Laut 10 Tahun Terbaring Sakit

Hal tersebut udah berjalan, seperti yang dilakukan oleh beberapa wilayah Kabupaten seperti di Lingga sukses dengan rumput lautnya, Anambas dengan ikan kerapu , Bintan dan Batam dengan ikan kakap putih. 

Tak hanya itu, pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan memiliki program wujudkan 150 kampung perikanan di seluruh Indonesia. 

Untuk itu, Harianto menyarankan pihak Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ikut andil dalam program tersebut, agar masyarakat merasakan dampak dari program kementerian.

Sumber: