Produksi Padi Belitung Meningkat, Pasca program Tali Intan di Persawahan Desa Perawas

Produksi Padi Belitung Meningkat, Pasca program Tali Intan di Persawahan Desa Perawas

Panen bersama di persawahan kelompok tani Kridatama Dusun Kelekak Usang Desa Perawas, Senin (22/8) kemarin--

BELITONGEKSPRES.CO.ID, TANJUNGPANDAN - Produksi padi di Belitung meningkat pasca dilaksanakan Program Aksi Tali Intan di Persawahan Kelompok Tani Kridatama Dusun Kelekak Usang Desa Perawas, Kecamatan Tanjungpandan. 

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Belitung, Destika Efenly usai panen bersama Program Aksi Tali Intan Senin (22/8) kemarin.

Panen bersama dan penutupan kegiatan replikasi inovasi pelayanan publik aksi tali intan dihadiri Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie dan Kepala Desa Perawas, Yahya.

Mereka memanen padi ramah lingkungan di lahan seluas 7,5 hektar yang merupakan kawasan percontohan penerapan program aksi petani peduli perlindungan Tanaman (Aksi Tali Intan).

BACA JUGA: Menko Polhukam Ungkap Seputar Kasus Pembunuhan Brigadir J, Mahfud Buat DPR Meradang

Destika Efenly menilai pelaksanaan program Aksi Tali Intan di Kabupaten Belitung  berhasil dalam meningkatkan produktivitas padi dibandingkan tahun sebelumnya

Program yang dilaksanakan ini merupakan program replikasi inovasi dari Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat guna mengajak petani di kabupaten Belitung peduli dengan perlindungan tanaman.

"Produksi meningkat dari 2,8 ton gabah kering panen per hektare menjadi 3,1 ton gabah kering panen per hektare, dibanding periode panen tahun kemaren," kata Destika kepada Belitong Ekspres.

Destika menjelaskan, saat ini ada tiga kelompok tani yang melaksanakan program Aksi Tali Intan di  Belitung.

BACA JUGA:11 Bos Timah Terbukti Judi Dituntut 2 Bulan, Kena Sorot, Kajati Babel Berikan Tanggapan

BACA JUGA:Direktur CV Global Hidup Sentosa Sidang Perdana, Perkara Tambang Pasir Kuarsa Membalong

Yakni, kelompok tani Agro Kenupu Desa Cerucuk, kelompok tani Setia Kawan dan Krida Tama Desa Perawas.

Dengan keberhasilan program tersebut pihaknya akan melanjutkan program tersebut di persawahan lainnya di Kabupaten Belitung.

Adapun program aksi petani peduli perlindungan tanaman diantaranya dengan mengurangi penggunaan pestisida kimia diganti pestisida organik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: