Peringati HANI 2022, Pemkot Pangkalpinang Inisiasi Kelurahan Bersinar

Peringati HANI 2022, Pemkot Pangkalpinang Inisiasi Kelurahan Bersinar

Pemkot Pangkalpinang Inisiasi Kelurahan Bersinar-Ist-

PANGKALPINANG - Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Pangkalpinang, Syahrial menghadiri acara Peringatan HANI (Hari Anti Narkotika Internasional) 2022, Kamis (30/6).

Kegiatan yang digelar oleh BNN Kota Pangkalpinang kali ini mengangkat tema 'Kerja Cepat, Kerja Hebat Berantas Narkoba di Indonesia'.

Menurut Syahrial, masalah pemberantasan narkoba di Indonesia ini merupakan suatu kejahatan yang ekstra ordinary crime. Yang meliputi beberapa kejahatan yang luar biasa, mulai dari korupsi, narkotika hingga yang ketiga terorisme.

"Kita ketahui bersama bahwa rusaknya suatu bangsa dan rusaknya suatu negara dan runtuhnya suatu negara salah satunya disebabkan oleh narkotika. Narkotika merupakan dahulu diatur tindak pidana narkotika dan sekarang disambung dengan undang-undang kesehatan. Bahkan terakhir Peraturan Presiden mengeluarkan p4gn," urainya.

Menurut dia, akhir-akhir ini para bandar menggunakan anak-anak di bawah umur. Mereka menggunakan anak-anak di bawah umur itu karena tidak bisa dipidana. Jadi peluang ini dimanfaatkan oleh para pengedar.

"Oleh karena itu kita selaku warga masyarakat harus perhatikan lingkungan sekitar kita. Dengan menggunakan sarana anak-anak ini tadi karena tidak bisa dijerat hukum pidana kedua dikembalikan kepada orang tuanya atau diangkat menjadi anak negara," jelasnya.

Untuk memberantas penyebaran narkotika ini, Pemkot Pangkalpinang sendiri melaksanakan Kelurahan bersinar. Diharapkan ini dapat mengurangi tindak pelaku narkoba yang sifatnya kecil atau seperti pengguna narkoba.

Dengan dukungan masyarakat tugas penegak hukum lebih maksimal. Karena kunci pemberantasan narkoba ini terutama jika di masyarakatnya itu sendiri.

"Oleh karena itu kita memerlukan dukungan dari penggiat dari kader anti narkotika. Pemerintah Kota Pangkalpinang sangat mendukung kita tetap berupaya pelaksanaan kegiatan ini tadi," imbuhnya.

Dia berharap kedepan, Kota Pangkalpinang minimal bisa lepas dari penyalahgunaan narkotika dan psikotropika atau bentuk lainnya tadi. BNN yang dibentuk oleh negara kedepannya dapat menjadi mitra Pemerintah Kota Pangkalpinang dalam melakukan pemberantasan narkotika yang ada di Kota Pangkalpinang.(tob)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: