Pesepeda Internasional Jajal Belitung, Pembalap Filipina Juara Men Elite Tour 56 Km

Pesepeda Internasional Jajal Belitung, Pembalap Filipina Juara Men Elite Tour 56 Km

Salah satu peserta touring 56 KM Tour Of Kemala Belitong 2022 berhasil mencapai garis finish--

"Total hadiah yang diperebutkan senilai Rp118 juta untuk kategori perlombaan balap sepeda Touring dengan jarak tempuh 56 km ini," kata Winny Agung Budi Maryoto bersama Juliati Sapta Dewi Magdalena, istri Kapolri Listyo Sigit Prabowo.

Menurut Winny, balap sepeda tidak hanya sepeda untuk mencari bibit-bibit atlet nasional yang ditampilkan di ajang akbar ini. Akan tetapi juga menjadi ajang untuk mempromosikan keindahan alam Indonesia, sekaligus membangkitkan aktivitas perekonomian pelaku UMKM lokal.

Sebab kata Winny, puluhan pelaku UMKM di Kabupaten Belitung pun hadir dengan membuka stand dengan memasarkan produk-produk mereka.

"Dari produk berupa batik, cendramata yang menjadi ciri khas Belitung, hingga aneka makanan asli Belitung.  Perputaran uang mencapai ratusan juta bisa diraup para Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)," jelasnya.

Winny pun merasa bersyukur karena perhelatan ini sukses dan memiliki dampak positif bagi pariwisata dan membangkitkan gairah UMKM Belitung.

BACA JUGA:Ribuan Massa Masyarakat Penambang Beltim Tuntut Kejelasan WPR, Ini 6 Poin Tuntutan Mereka

Tour of Kemala yang mengusung tagline "Bersinergi Untuk Negeri", menjadi inspirasi dan inovasi baru dalam mempromosikan keindahan alam Indonesia dan bangkitnya perekonomian lokal.

"Kami berkolaborasi dengan masyarakat setempat untuk meningkatkan perekonomian lokal. Jadi, acara ini bisa membangkitkan semangat kembali setelah jatuh dihantam pandemi," kata Winny.

Kemudian Winny menambahkan, Belitung dipilih menjadi destinasi Tour of Kemala 2022 lantaran untuk mendukung pulihnya Perekonomian Pariwisata Belitung. 

"Masyarakat Belitung dan pelaku UMKM lokal menjadi tokoh utama yang diusung di dalam Tour of Kemala. Kegiatan ini bertujuan menarik pandangan mata Indonesia dan dunia ke Belitung, dengan potensi wisata luar biasa serta produk UMKM lokal yang unggul," jelasnya. 

BACA JUGA:DPRD Babel Minta Harga TBS Sawit di Belitung Segera Dinaikan, Minimal Sama Dengan Provinsi

Kedepannya lanjut Winny, Tour of Kemala, diagendakan untuk menjadi acara tahunan. Setelah Belitung, Tour of Kemala juga akan menyambangi, daerah-daerah lain seperti Manado, Pontianak, Lombok, dan sebagainya. 

Ia juga berharap, Tour of Kemala 2022 dapat membawa manfaat berlapis dan multisektor bagi masyarakat sekitarnya.

"Karena itu, Tour of Kemala didaftarkan ke induk organisasi internasional olahraga sepeda UCI (Union Cycliste Internationale), sebagai bagian dari UCI Grandfondo," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: