Pesepeda Internasional Jajal Belitung, Pembalap Filipina Juara Men Elite Tour 56 Km

Pesepeda Internasional Jajal Belitung, Pembalap Filipina Juara Men Elite Tour 56 Km

Salah satu peserta touring 56 KM Tour Of Kemala Belitong 2022 berhasil mencapai garis finish--

BELITONGEKSPRES.CO.ID, SIJUK - Ratusan pesepeda nasional dan internasional jajal aspal dan keindahan Kabupaten Belitung dalam ajang Tour of Kemala Belitong 2022.

Ajang Tour of Kemala Belitong 2022 yang bekerja sama dengan pengurus Besar Ikatan Sepeda Sport Indonesia (PB ISSI) ini, digelar selama 2 hari di Belitung, Sabtu (17/9) dan Minggu (18/9).

Hari pertama Sabtu (17/9), ratusan pesepeda menjajal race 125 kilometer (Km). Berlanjut hari kedua mereka melakukan agenda Touring 56 KM, Minggu (18/9) kemarin.

Dalam touring akbar para pesepeda nasional dan internasional ambil bagian jajal trek di Belitung. Adapun rute dengan start dari Tentang Kopi Black Rocks Belitung, ke arah Air Seruk, dilanjutkan ke Air Merbau menuju Bundaran Satam Tanjungpandan. 

BACA JUGA:Kejati Babel Garap Dua Kasus Tipikor, Sudah Enam Tersangka, Kerugian Capai Rp 8 Miliar

Kemudian melalui Tanjungpendam menuju Air Saga, dilanjutkan rute Batu Itam ke arah Tanjung Binga, Keciput serta finis kembali di Tentang Kopi Black Rocks Belitung Sijuk.

Agenda touring dengan jarak tempuh 56 km itu, mencatatkan nama Marco Salvador Lumanong (29), asal Filipina sebagai juara untuk kategori Men Elite dan berhak atas hadiah Rp7,5 juta.

Marco mengatakan, trek jalan di Belitung, penuh turunan dan tanjakan. Sehingga dirinya sempat sedikit mengalami kesulitan saat mengayuh sepeda untuk berjuang menembus garis finish. 

Diakui Marco, Belitung memiliki pesona tersendiri, dengan pemandangan yang indah dan memuaskan mata. "Saya akan ajak-ajak teman-teman dari Filipina jika digelar kembali acara seperti ini," kata Marco Salvador Lumanong kepada Belitong Ekspres usai acara tersebut.

BACA JUGA:Ribuan Penambang Beltim yang Menuntut WPR Kecewa, Bupati Tidak Dapat Ditemui, Ini Alasannya

Menurut Marco, trek yang dilalui peserta dalam mengayuh sepedanya melewati jalanan yang menurunkan dan beberapa tanjakan, dengan kontur jalan yang sangat menantang. "Ini adalah pengalaman yang luar biasa bagi saya," kata dia.

Saat menyusuri trek di kawasan Sijuk, peserta disuguhi pemandangan yang menarik dan indah selain gugus pantainya. Pulau Belitung memiliki bebatuan unik sehingga ditetapkan UNESCO sebagai global geopark. 

Sementara itu, Ketua Panitia Tour of Kemala Belitong 2022, Winny Agung Budi Maryoto, mengatakan penilaian terhadap para pemenang mengikuti standar internasional. Dan itu sudah didaftarkan ke UCI agar para atlet yang mengikuti dapat mendapatkan poin. 

BACA JUGA:Pers Indonesia Berduka, Ketua Dewan Pers Meninggal Dunia, Selamat Jalan Prof AA

Sumber: